Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wali Kota Buka Kegiatan Musrenbang Tingkat Kota Bima

Musrenbang Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima melalui Bappeda dan Litbang, Senin (5/4) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2002.

Acara yang dihelat di aula Kantor Pemerintah Kota Bima, dibuka Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, H Fakhrunraji menyampaikan, berdasarkan hasil musrenmbang tingkat kelurahan se-Kota Bima didapatkan 250 usulan skala prioritas. Kemudian dari jumlah tersebut, dibahas kembali dalam musrenbang tingkat Kecamatan dan menghasilkan 80 program skala prioritas.

“Dari usulan tingkat kecamatan tersebut, nanti akan dikerucutkan menjadi 30 program skala prioritas yang disesuaikan pula dengan kemampuan anggaran,” ujarnya.

Fakhrunraji menjelaskan, penyelenggaraan musrenbang tahun 2021 ini pula diselenggarakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, guna mewujudkan Kota Bima yang setara menuju masyarakat yang maju dan mandiri.

Misi lainnya juga dari kegiatan musrenbang ini, untuk mewujudkan masyarakat berkualitas dan berdaya saing. Kemudian sejahtera melalui pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat, yang berbasis pengembangan produk unggulan. Lalu menghadirkan penyelenggaraan pemerintahan dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Misi lainnya juga untuk mewujudkan lingkungan yang berkualitas dan ramah, melalui penyediaan infrastruktur pendukung perkotaan yang terintegrasi dengan pengurangan resiko bencana. Serta untuk mewujudkan masyarakat yang berkarakter, transparansi dan akuntabilitas,” katanya.

Mantan Kepala DLH itu mengungkapkan, guna mewujudkan visi dan misi perubahan HM Lutfi dan Feri Sofiyan 2018-2023. Beberapa sasaran yang menjadi skala prioritas berdasarkan tema RKPD tahun 2022, yaitu peningkatan akses dan kualitas layanan dasar, lalu pemantapan industri kreatif masyarakat, destinasi wisata dan ekonomi kreatif, pemulihan sosial ekonomi serta peningkatan infrastruktur terintegrasi.

Sementara itu, Walikota Bima HM Lutfi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan usulan, baik dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. Sehingga bisa dikerucutkan program prioritas pembangunan mana saja yang akan dilaksanakan. Agar terselenggaranya program pemerintah efektif serta terwujudnya masyarakat sejahtera.

“Kami meminta pada peserta yang hadir, untuk bisa berkontribusi aktif, melalui usul dan saran yang dimiliki. Tentunya tetap melihat pada skala prioritas,” tutupnya. (BE06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 5
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan, S.Adm mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kota Bima Tahun Anggaran 2021 melalui...