Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Optimis Wisata NTB Segera Pulih

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, optimis kebangkitan pariwisata NTB ke depan akan kembali normal. Ini ditandai dengan dukungan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memiliki perhatian besar terhadap kemajuan dan kebangkitan pariwisata NTB.

Pernyataan orang nomor satu di NTB ini dilontarkan saat menerima kehadiran Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, dalam temu dialog dengan Gubernur NTB, Bupati/Walikota se NTB, pelaku pariwisata, pegiat pariwisata, Pokdarwis secara Hybrid, di Nusantara Hotel Sembalun, Lombok Timur, Kamis (6/5/2021) malam.

Pada dialog tersebut, Gubernur mengatakan sektor pariwisata di NTB telah menjadi sektor unggulan bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Namun karena terjadi wabah pandemi Covid-19, pariwisata NTB sangat terpukul. Harapan kami di NTB ini, dengan kehadiran Pak Menteri bersama para pejabat utama di Kementerian Pariwisata Ekraf guna mendengarkan berbagai aspirasi dan persoalan pariwisata di NTB, akan semakin memperkuat sinergitas Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se NTB yang terus berkelanjutan dan bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan pariwisata NTB dan pariwisata nasional pada umumnya,” ujar Gubernur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dalam diskusi kepariwisataan tersebut, apresiasi setinggi-tingginya datang dari Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Fathul Bachri, atas kerja keras tanpa henti dari Gubernur NTB yang setiap saat selalu mengawal progres perkembangan dan kemajuan KEK Mandalika.

“Kami warga masyarakat Lombok Tengah berterima kasih atas upaya terus menerus Bapak Gubernur NTB yang telah berjuang bagi kemajuan pariwisata Lombok Tengah,” ujar Bupati disambut aplaus peserta diskusi.

Sementara itu, Sandiaga Uno, menjelaskan bahwa perhatian Kementerian Parekraf ke NTB khususnya di KEK Mandalika akan terus ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya bantuan dana hibah pariwisata sebesar Rp 3,7 Triliun bagi pengembangan KEK Mandalika, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tidak itu saja, Kemenparekraf juga mengupayakan hibah pariwisata bagi pengembangan kawasan Geopark Rinjani sebagai destinasi unggulan di Lombok Timur dan berharap untuk segera dieksekusi.

Menteri salut atas pengembangan pariwisata di Lombok Timur yang memadukan alam, budaya dan ekonomi kreatif yang memberdayakan perempuan dalam setiap lini pengembangan ekonomi masyarakat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Bahkan saya sangat tertarik dengan konsep pengembangan pariwisata berbasis Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi (INAK) yang bertujuan untuk menghasilkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” katanya.

Menteri juga berharap dengan akan digelarnya perhelatan World Superbike dan MotoGP di Mandalika nanti, hendaknya bisa memberikan multiplier efect yang besar bagi pelaku pariwisata yang merupakan harapan dan tugas Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota bahwa perhelatan MotoGP ini haruslah memberdayakan pemberdayaan masyarakat.

“Contohnya produk kerajinan, makanan olahan di sini dan lainnya harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari event besar seperti itu nantinya,” ujar Menteri.

“Hal ini menjadi perhatian dan titik tekan kita dan harapan kita bahwa NTB diharapkan segera pulih dan bangkit dan pariwisata akan menjadi lokomotif ekonomi utama di NTB,” tutup Menteri. PUR

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota melakukan tes urine mendadak bagi seluruh personilnya. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen Polres Bima Kota untuk...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pimpinan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara menunjukkan komitmennya mendukung Kontingen PON XXI NTB yang akan berlaga di Aceh – Sumatera Utara, bulan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini : Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL) Bima menggelar acara Anugerah Reksa Bandha tahun 2023. Ada sejumlah kategori yang diberikan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL) Bima menggelar acara Anugerah Reksa Bandha tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di aula Satonda...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pemilihan Wali Kota Bima tahun 2024  mengusung tema “Pilkada Matupa”. Harapannya akan terwujud Pilkada 2024 demokratis dan sesuai dengan prinsip pemilihan....