Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kapolres Bima Kota Tekankan Bahaya Penyebaran Baru Covid-19

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota, menggelar apel pasukan untuk persiapan Operasi Ketupat Rinjani 2021, di halaman Mako Polres, Rabu (5/5/2021).

Apel dipimpin langsung Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono, yang dihadiri berbagai stakeholder. Mulai dari Walikota Bima yang diwakili Staf ahli, H Alwi Yasin. Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Letkol Teuku Mustafa Kamal, Kepala Jasa Raharja, Ketua FKUB Bima, Ketua MUI Kota Bima, Kadis Dishub Kota Bima berikut aparat keamanan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dan dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya,” ujarnya.

Terlebih katanya, menjelang hari Hari Raya Idul Fitri, tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen. Hal ini katanya disebabkan adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik.

“Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut, karena situasi pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93 persen, setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020/1441 Hijriah,” ingatnya.

Meskipun demikian lanjutnya, keinginan masyarakat untuk melaksanakan mudik sulit untuk ditahan. Karena berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, apabila Pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik maka akan terjadi pergerakan orang yang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang.

Namun lanjutnya, setelah diumumkannya larangan mudik, masih terdapat 7 persen atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik.

“Oleh karena itu, kegiatan Operasi Ketupat 2021 ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi,” tuturnya.

Lonjakan kasus Covid-19 sambungnya, harus diwaspadai atau berkaca pada gelombang penyebaran Covid-19 yang terjadi di luar negeri. Sebagai contoh uraianya, di India terjadi penambahan kasus baru hingga mencapai empat ratus kasus dan angka kematian mencapai 3.500 kasus dalam sehari.

“Hal ini disebabkan kelengahan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Dan menyikapi hal tersebut, Indonesia tidak boleh lengah, terlebih dengan adanya varian baru Covid-19 dari sejumlah negara yang masuk ke Indonesia seperti dari perbagai negara,” tegasnya.

Untuk mengatasi kasus Covid-19 yang berasal dari luar negeri tersebut, Polri bersama-sama dengan Satgas yang berada di Bandar Udara dan Pelabuhan Internasional telah melakukan pengawasan terhadap masuknya pelaku perjalanan Internasional.

“Saya perintahkan kepada petugas di lapangan untuk mengawasi pelaku perjalanan Internasional secara ketat. Pastikan pelaksanaan karantina di tempat yang telah ditunjuk sesuai dengan manifest pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia,” katanya. BE09

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- DPD PDI Perjuangan angkat bicara terkait mundurnya H. Lalu Budi Suryata sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTB dan sekaligus sebagai kader Partai...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Setelah bentrokan terjadi antara massa aksi dari Aliansi Tani Menggugat yang menuntut kenaikan harga jagung dengan aparat Kepolisian di Kecamatan Manggelewa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Setekah mendapat surat tugas sebagai Calon Wakil Wali Kota Bima pada Pilakda 2024, Ketua DPD Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan, menyebut...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk menyukseskan Festival Rimpu yang akan dilaksanakan di Kota Bima, 27...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- HMI Cabang Bima meminta kepada Kapolda NTB mengevaluasi penanganan aksi massa di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pasalnya, Penanganan aksi oleh kepolisian selalu...