Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Ketum PB dan Bupati Buka LK II HMI Dompu, Siap Cetak Kader untuk Indonesia Emas

Pembukaan LK II HMI Cabang Dompu.

Dompu, Bimakini. – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Raihan Ariatama., dan Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani resmi membuka Latihan Kader 2 (LK II) tingkat Nasional HMI Cabang Dompu, Kamis (27/5/2021).

Selain dihadiri Ketum PB HMI dan Bupati, pembukaan Intermediate Training dengan tema “Ijtihat HMI dalam Menyonsong Indonesia Emas 2045” itu juga dihadiri Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, Wakapolres Dompu, Ketua KNPI dan sejumlah organisasi mahasiswa.

Kegiatan itu mulai dilakukan Kamis 27 Mei sampai dengan Kamis 3 Juni 2021 di Kitty House Jalan H. Abubakar Ahmad Selaparang Dompu, dengan 39 orang peserta dari 12 Cabang HMI di Indonesia. Sementara narasumbernya, terdiri dari nasional hingga daerah, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama., menyatakan, peran HMI dalam menyonsong Indonesia emas di tahun 2045 merupakan sesuatu yang penting dan serius. Diusia Indonesia yang ke 100 tahun pada 2045 nantinya, HMI kedepan harus memberikan konstribusi yang nyata.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Apa yang akan menjadi konstribusi nyata HMI kedepan? Ini menjadi salah satu PR bersama dalam LK II HMI Cabang Dompu ini,” sebut dia mengawali sambutannya.

Dikatakannya, Indonesia emas yang akan diwujudkan di tahun 2045, sama dengan mission HMI, yakni kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Selaras dengan tujuan HMI, kemakmuran masyarakat yang di ridhoi Allah SWT.

“HMI juga harus fokus di sektor ekonomi. Sebab, salah satu poin Indonesia emas adalah sektor ekonomi. Saat ini, HMI lemah dalam sektor ekonomi,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata dia, PB HMI saat ini sedang merancang program kerja dalam menyonsong Indonesia emas. Dimana HMI tidak hanya sebatas organisasi perjuangan dan pergerakan.

Tetapi juga berperan dalam rangka meningkatkan ekonomi kader-kadernya. Mendorong kadernya agar berwirausaha disemua bidang ilmu dan keahlian masing-masing.

“Lewat LK II HMI Cabang Dompu ini, kita dorong dan cetak kader yang dapat menyiapkan diri dan ilmu pengetahuan untuk Indonesia emas. Kewirausahaan merupakan hal penting bagi bangsa ini, kita tidak boleh minder dengan wirausaha sukses dan berekonomi kuat,” sambungnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Senada disampaikan Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani. Dia menyebutkan, HMI telah banyak melahirkan kader-kader unggulan, yang berkiprah di tanah air, baik itu di tingkat daerah, maupun tingkat nasional.

Kata dia, kiprah HMI dalam memajukan pembangunan nasional tidak perlu diragukan lagi. Sebab HMI merupakan gudang dan pencetak para intelektual bangsa, serta telah mampu memberikan warna dalam perjalanan sejarah bangsa.

“Saya berharap kepada para peserta training, dapat mengikuti pengkaderan ini secara serius dan seksama. Mudah-mudahan output yang dihasilkan dan ilmu yang didapatkan bisa berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” harap Bupati yang familiar dengan AKJ ini.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Disebutkannya, di era kemajuan zaman saat sekarang, revolusi industri 4.1. Setiap individu dituntut untuk berpikir maju serta tidak ketinggalan Informasi dan melek teknologi, bukan hanya berpikir biasa-biasa saja, karena sesuai dengan grand tema Ijtihad HMI dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045.

Dia berharap agar HMI mampu berperan sebagai mitra pemerintah, serta ikut membantu dalam menterjemahkan Visi – Misi Kabupaten Dompu yang tertuang dalam program pemerintah yang akan menjadi titik fokus kerja kurang dari lima tahun yang akan datang yaitu Jarapasaka (Jagung – Porang – Padi – Sapi dan Ikan).

“Peran HMI dalam membantu mewujudkan masyarakat yang Mashur (Mandiri – Sejahtera – Unggul dan Religius) kedepannya sangatlah dibutuhkan,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saya yakin tidak semua mahasiswa bisa sampai pada jenjang pelatihan ini, karena kalian adalah orang-orang terpilih, yang dilatih untuk menjadi kader-kader HMI. Diharapkan bisa berbuat lebih baik dan menghasilkan karya nyata serta sumbangsih pemikirannya untuk kemajuan bumi nggahi rawi pahu yang kita cintai bersama ini,” tutupnya. AZW

Share
  • 810
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Tindakan kekerasan yang diduga dilakukan oknum anggota Kepolisian kepada massa aksi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Taman Siswa Cabang Bima depan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia menghadiri acara penutupan Latihan Kader Dua (LK II) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Pada puncak acara perayaan ulang tahun (MILAD) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke 74 tahun 2021. Pengurus HMI Cabang Dompu dan Majelis...