Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Penampilan Siswa SMKN 1 Kota Bima di “Enjoy Lawata” Memukau

Penampilan siswi SMKN 1 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Enjoy Lawata event Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima  untuk meningkatkan kunjungan wisata di  Pantai Lawata. Pada kegiatan ini pengunjung diajak untuk menikmati suasana pantai ditemani live musik dan traditional dancer performance.

Dengan konsep Hybrid Event, Disparpora Kota Bima mengajak pengunjung Enjoy Lawata untuk datang langsung di Pantai Lawata atau menyaksikan secara virtual melalui FB Promosi Pariwisata Kobi, IG Disparporakotabima, Twitter @Promosikotabima dan YT Promosipariwisatakotabima. Tentu event ini merupakan terobosan baru  dalam upaya mempromosikan pariwisata Kota Bima ditengah Pandemi Covid19.

Enjoy Lawata Sabtu (22/5) dibuka dengan penampilan siswa SMK Negeri 1 Kota Bima dengan Grup Marawisnya. Suara indah penyanyi yang membawakan lagu Sufna Yunna dan Ya Hanana serta gerakan tarian Marawis yang diperagakan oleh siswa sanggup memukau penonton yang hadir langsung di Lawata. Kepala Disparpora Kota Bima, Babinsa dan Babinkatibmas Rasanae Barat turut hadir memeriahkan kegiatan ini.

Pembina Sanggar Seni SMK Negeri 1 Kota Bima, Yati, SST. Par menyampaikan bahwa pada kegiatan Enjoy Lawata, siswa tampil dengan tiga karya seni, yaitu Marawis, Tari Tradisional Saman yang merupakan tarian suku Gayo yang disuguhkan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya nusantara serta Dongeng Bima (Mbojo) yang mengisahkan cerita masyarakat Bima “Watu Ntanda Rahi”.

“Siswa-siswa yang tampil pada kegiatan Enjoy Lawata ini merupakan hasil binaan Sanggar Seni SMK Negeri 1 Kota Bima. Siswa-siswa kami sering tampil pada berbagai acara penting, misalnya ketika launching pertama Maskapai PT. Garuda Indonesia masuk Bima siswa kami yang tampil sebagai pengisi acara demikian juga FIF Group Cabang Bima sering menggunakan jasa kami sebagai pengisi acara dan menyambut tamu-tamu penting. Pada acara event budaya baik tingkat Kota Bima, Provinsi dan bahkan Nasional kami sering digandeng oleh Disparpora Kota Bima, seperti pada event budaya di Mataram mewakili Kota Bima serta tampil pada event Budaya di Probolinggo mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat,” tutur Yati penuh bangga.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Bima, Drs. Safruddin mengatakan bahwa kreativitas siswa dalam berbagai karya seni yang memukau pada kegiatan Enjoy Lawata, dinilai sebagai perwujudan penguatan pendidikan karakter siswa sekaligus menunjukkan bahwa kami siap bekerjasama dengan pihak manapun termasuk Disparpora Kota Bima apabila membutuhkan penampilan siswa kami dalam acara-acara pemerintah Kota Bima.

“Pentas seni yang dikemas dalam kegiatan Enjoy Lawata ini kami jadikan sebagai sebuah ajang pertunjukan bakat bagi para siswa dan siswi, di mana dalam mereka dapat menyalurkan kreativitas serta mendapatkan sebuah panggung pertunjukkan yang layak bagi berbagai kegiatan seni yang diminati oleh siswa kami di SMK Negeri 1 Kota Bima. Kegiatan extrakurikuler kami walaupun dilanda pandemi tetap berjalan dengan bimbingan pembina-pembina hebat di sekolah, termasuk bidang kesenian. Siswa kami siap tampil mengisi berbagai acara apabila pemerintah Kota Bima maupun Provinsi membutuhkan,” tutur Safruddin, Senin (24/05).

Safruddin menambahkan, acara pentas seni Enjoy Lawata ini sangat positif untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik para siswa-siswi di sekolah. Mereka secara langsung bisa menunjukkan bakat seni yang dimiliki, selain itu juga untuk memotivasi siswa lain agar dapat meningkatkan bakatnya masing-masing.

“Pihak sekolah tentunya berharap bakat akademik maupun non akadmeik yang dimiliki para siswa tidak hanya ditonjolkan di sekolah saja. Akan tetapi, lanjutnya, bisa ditingkatkan lagi untuk menjadi prestasi baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan juga Nasional. Jadi, bakat akademik maupun non akademik dari para siswa kami harapkan bisa disalurkan melalui event-event di luar sekolah,” harapnya. IAN

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini. – Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima mengukir prestasi hebat dan membanggakan pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMKN 1 Kota Bima unjuk prestasi nasional dalam lomba Kihajar STEM Kemendikbud dengan meloloskan enam siswa berprestasi ke tahapan Final 2021....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bima, mewakili NTB untuk lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Sains, Technology, Engineering, and...