Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Soal Kelangkaan Air Bersih di Rade, Camat Madapangga Bantah Buntu Komunikasi

Kades Rade, Aftah, saat menanggapi massa aksi.

Bima Bimakini.- Soal kelangkaan air bersih di Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, warga setempat beraksi dengan menghadang jalan lintas Bolo – Woro hingga terjadi kemacetan cukup panjang.

Saat aksi, Senin (3/5/2021), sekitar pukul 12.00 Wita itu, massa aksi menuding bahwa Camat Madapangga buntu komunikasi soal kelangkaan air bersih di wilayahnya.

Menanggapi tudingan tersebut, Camat Madapangga, Mohammad Saleh, membantah. Ia mengatakan berbagai upaya terus dilakukan untuk mendapatkan solusi soal kelangakaan air bersih di Desa Rade.

Mohammad Saleh menyampaikan, sebagai bentuk respek terhadap masalah air bersih di Madapangga, khususnya di Desa Rade, ia mengaku tidak tinggal diam. “Tadi malam bersama unsur lain kami mendatangi lokasi sumber air yang ada di Desa Ndano dan kami melakukan pengerukan supaya debit air bertambah dan mengalir hingga ke Deda Rade,” katanya di ruangannya.

“Setelah itu kami jalan keliling mengikuti pipa yang ada. Salah satu kendala terjadi kelangkaan air karena ada pipa yang bocor. Kita sudah instruksikan penjaga pintu air untuk gunakan sistem buka tutup. Maksudnya pada malam hari untuk pengairan lahan pertanian dan siang hari untuk konsumsi masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan Camat Madapangga, Kepala Desa Rade, Atfah, menyampaikan terkait masalah air bersih pemerintah memang pernah berjanji akan membangun sumur bor dan pemerintah sudah mengalokasikan anggaran.

“Dalam waktu dekat pemerintah akan bangun sumur bor di Rade. Yakni, di dua titik dan sumber anggaran APBN dan APBD II,” jelasnya.

Artinya, lanjut Kades, melalui mimbar ini saya mewakili pemerintah daerah bahwa solusi tentang kelangkaan air bersih sudah ada titik terang.

“Masalah kelangkaan air bersih sudah ada titik terang. Bersabar dulu, dalam waktu dekat sumur bor akan dibangun di Rade,” tutup Kades Rade. KAR

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 37
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Guna memastikan pengunjung objek wisata di wilayah Kecamatan Pajo, taat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan aman. Kapolsek Pajo, IPTU Abdul...

Peristiwa

Mataram, Bimakini. – Budaya Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sangat beragam. Mulai dari seni tari, pewayangan, alat musik tradisional hingga sistem penanggalan atau...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Diduga mencuri emas saat korban berangkat shalat Idul Fitri 1442 H, seorang pemuda (21) asal Dusun Ketontembi, Desa Karamabura, Kecamatan Dompu...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.-  Karena masih dianggap baru dan belum beredar luas di tengah-tengah masyarakat, sejumlah pedagang menolak uang kertas Rp75 ribu dari konsumen. Kenyataan itu...