Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Cegah Pelanggaran, Pengendara Dibekali Pendidikan Berlalu Lintas

Kepolisian saat memberi edukasi berlalu lintas.

Dompu, Bimakini. – Mencegah terjadinya pelanggaran berlalu lintas, khususnya pada kawasan tertib berlalu lintas (KTL) diwilayah hukum Polres Dompu.

Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK., melalui Satuan Lantas Polres Dompu, IPTU I Wayan Sukarsana, SH., membekali pengendara roda dua maupun roda empat tentang Pendidikan Masyarakat Berlalu Lintas (Dikmas Lantas).

Kata dia, hal itu penting dilakukan sebagai upaya pencegahan agar menghindari terjadinya pelangaran dan kecelakaan lalu lintas.

Sebab, fungsi teknis Dikmas Lantas yakni untuk menumbuhkan kesadaran, pemahaman, dukungan dan partisipasi masyarakat aktif dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan yang sering terjadi.

“Dikmas Lantas ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya tata tertib lalu lintas, serta memberikan wawasan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar bagi diri sendiri serta pengguna jalan yang lain agar menjadi pengendara yang berkeselamatan,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya. Polantas Dompu melalui Unit Dikyasa Lantas berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dengan Dikmas Lantas. Meningkatkan pemahaman pengguna jalan guna mencegah terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Upaya ini rutin dilakukan Polantas Polres Dompu. Memberikan penerangan keliling diwilayah padat lalu lintas seperti di persimpangan lampu merah dengan memberikan penerangan dan himbauan lalu lintas kepada pengguna jalan. Upaya itu diharapkan dapat menumbuhkan pengertian dan kesadaran masyarakat untuk disiplin dan tertib berlalu lintas,” harapnya. AZW

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima melalui Kasat Lantas IPTU Agus Pujianto, SPd, mengimbau kepada masyarakat tetap mengutamakan kesematan dan tertib berlalulintas saat ngebuburit sambil menunggu...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Hadiri Gerakan Pesantren Sehari (GPS) di MAN I Bima, Jumat (9/3) pagi. Ketua Bhayangkari Cabang Bima, Ny Lina Bagus S Wibowo mengajak...