Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dam Doro Rasabou Rusak Parah, Petani Minta Perhatian Pemerintah

Kondisi Dam yang rusak.

Bima, Bimakini.- Dam Doro di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima rusak parah. Akibatnya tidak dapat menampung debit air untuk kebutuhan pertanian di wilayah desa setempat. Terkait hal itu, petani setempat meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemerintah Pusat memperhatikan, sekaligus memberikan bantuan untuk rehabilitasi.

“Dam Doro sudah lama rusak, kita minta perhatian pemerintah,” ujar Petani Rasabou, Amirudin Abdollah, Kamis (10/6/2021).

Kata Amirudin, Dam Doro rusak akibat diterjang banjir, jika tahun depan terjadi banjir besar, tidak menutup kemungkinan Dam Doro akan tergerus dan tidak dapat digunakan lagi.

“Akibat kerusakan Dam Doro, petani di So Doro, Limbito’i, Toloni’u dan lainnya kesulitan mengairi lahan pertanian. Sehingga hanya mengandalkan air hujan,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Jika Dam Doro diperbaiki, debit air untuk mengairi lahan pertanian di Musim Kemarau (MK) I tercukupi.

“Setelah tanam padi di Musim Hujan (MH), petani dapat menanam semangka di MK I apabila Dam Doro diperbaiki,” ucapnya.

Dijelaskannya, dulu Dam Doro sempat diperbaiki atau direhabilitasi menggunakan anggaran dari pemerintah. Tapi paska terjang banjir, Dam Doro rusak, sehingga debit air untuk mengairi lahan pertanian berkurang.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Semoga pemerintah mau membantu alokasikan anggaran perbaikan Dam Doro. Sehingga petani tidak lagi kesulitan air untuk mengairi lahan pertanian,” ungkapnya.

Wakil BPD Rasabou, Muhammad Khardi membenarkan Dam Doro sudah lama rusak, terkait hal itu meminta pemerintah agar memperhatikan aspirasi masyarakat petani.

“Semoga pemerintah mau membantu petani di Desa Rasabou. Yakni mengalokasikan anggaran rehabilitasi Dam Doro,” singkatnya. KAR

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE Bima kelompok 4 angkatan ke XIX tahun 2021 menyelenggarakan kegiatan seminar program kerja di aula kantor...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- PPK BWS NT 1 dan Dinas PUPR Kabupaten Bima meninjau kondisi jembatan penghubung Desa Rasabou – Kara Kecamatan Bolo, Selasa (27/7/2021), sekitar...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Terkait Program Land Consoludation (LC) Tahun 2009 di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, pihak BPN Bima dituding cuci tangan dan tidak bertanggung...