Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Gerakan Literasi Digital Nasional di Dompu Asah Empat Skill

Suherman

Dompu, Bimakini. – Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kominfo) Republik Indonesia melaksanakan Gerakan Literasi Digital Nasional Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI, termasuk di Kabupaten Dompu-NTB.

Koordinator Daerah Event Gerakan Literasi Digital Nasional Tahun 2021 Kabupaten Dompu, Suherman, menyatakan, gerakan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar nasional melalui zoom meeting dengan empat pilar  pembahasan.

Diantaranya, digital skills (kemampuan berdigital), digital ethics (etika berdigital), digital safety (keamanan berdigital) dan terkhir digital culture (budaya berdigital).

Pada masing-masing pilar (tema) ada sub temanya yang akan dibahas dan diskusikan oleh 4 orang narasumber yang terdiri dari 2 orang narasumber nasional dan 2 orang narasumber lokal.

“Di Dompu mulai Juni sampai dengan Desember Tahun 2021 akan dilaksanakan kegiatan webinar sebanyak 2 kali dalam sebulan,” katanya.

Sementara untuk pesertanya berasal dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu dengan berbagai latar belakang usia, profesi dan sebagainya. Apakah itu mahasiswa/pelajar, ASN/Birokrat, TNI/Polri, Guru, Pelaku Usaha, Milenials atau masyarakat umum.

Inti dari kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, kreatifitas, dan kecakapan masyarakat dalam menggunakan teknologi digital.

Harapannya dengan webinar ini, bahwa ruang digital bisa digunakan dengan cakap, cerdas dan bijak. Tidak untuk menyebarkan ujaran kebencian, ideologi-ideologi yang bertentangan dengan falasafah negara, hoax, penipuan online, dan sebagainya.

Sebagi koordinator daerah yang mengkordinasi dan memfasilitasi kegiatan, dia berharap agar seluruh element masyarakat bisa bergabung dengan acara tersebut.

Bagi peserta, selain mendapatkan ilmu pengetahuan tentang bagaimana berdigital yang beretika, berbudaya, aman dan berkemampuan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Juga akan mendapatkan E-sertifikat, E-wallet berupa voucher, Kursus pintar bahasa inggris dan belajar mahir membaca al Qur’an online gratis selama tiga bulan.  AZW

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tahun 2021, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI), wujudkan visi Indonesia cakap digital dengan gerakan nasional literasi...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI  Gerakan Masyarakat Sadar Literasi (Gemar Literasi) di Kabupaten Bima diluncurkan, Kamis (27/5/2021) di Warung Tepi Langit Dorobelo, Kecamatan Palibelo. Peluncuran...

Pendidikan

Mataram, Bimakini.- Ratusan Mahasiswa dari berbagai Kampus LPTK se-NTB akan turun membantu mendampingi anak-anak dan meningkatkan keterampilan membaca mereka. Kondisi Pendemi yang membuat persekolahan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) bersama anak-anak Dusun Mbawa Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, gelar kegiatan Perpustakaan Keliling atau Wisata Literasi...