Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

NTB Care Jawab Tuntas Aspirasi dan Aduan Masyarakat

Mataram, Bimakini.- Sejak awal kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, persoalan komunikasi antara pimpinan dan masyarakatnya menjadi atensi serius untuk bisa dilaksanakan secara lugas, tuntas dan berkesinambungan. Hal tersebut coba dijawab dengan program inovasi NTB Care.

“NTB Care merupakan jawaban pasti atas kerisauan ataupun kebingungan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah agar dapat ditindaklanjuti,” ungkap Wakil Gubernur NTB, dalam silaturrahminya dengan pejabat struktural lingkup Diskominfotik NTB, di Aula Pendopo Wagub NTB, Senin (7/6/2021).

Wagub memberi contoh, masalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di luar negeri, dapat dengan mudah mengadu melalui aplikasi NTB Care.

“Kita ingin masyarakat NTB mengkomunikasikan segala sesuatunya dengan lugas ke Gubernur dan Wagubnya. Itulah kenapa ada NTB Care,” ujar Wagub perempuan pertama NTB tersebut.

Sehingga, jelas Wagub, NTB Care diminta untuk dapat merespon aduan dan keluhan masyarakat secara lugas. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan kolaborasi yang luar biasa bagusnya dengan semua pihak.

Dikatakannya, kerjasama yang baik dapat dilakukan dengan 10 kabupaten/kota se NTB. Kerjasama ini harus tersistem dengan baik. Ia tidak bersifat incidental, namun ada sistem yang berjalan.

“Ini harus di back up sejak awal sehingga sistem ini semakin cantik, bagus, simple, tajam dan akurat. Apa yang sudah dan tengah dilakukan oleh Diskominfotik sudah on the right track dimana semua informasi tersebut berbasis FB, Instagram dan lainnya, sehingga akses ini betul-betul terbuka lebar. Tidak ada lagi tembok bagi masyarakat NTB untuk berkomunikasi dengan pimpinannya,” kata Wagub.

Meski demikian, Wagub mengingatkan penyempurnaan sistem haruslah terus-menerus dilakukan. Tidak hanya dari canggihnya sistem tapi bagaimana cepatnya respon dari Pemprov atau pihak-pihak terkait (OPD) atas keluhan masyarakat tersebut.

“Karena kalau hanya sekedar kita siapkan sistem yang canggih tetapi secara real responnya tidak jalan, itu tak ada artinya. Ini butuh evaluasi yang betul-betul baik dan Diskominfotik harus berkerjasama dengan OPD lainnya seperti yang diaspirasikan dalam NTB Care itu sendiri,” pesan Wagub. PUR

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Terkait proyek relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Bima. Pemilik lahan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima sepakat tukar guling....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi mengharapkan dengan adanya Peraturan Daerah tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Permukiman Kumuh...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menegaskan Pemerintah Provinsi NTB komitmen membangun sumber daya manusia berkualitas di bidang kesehatan. “Komitmen...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Rilis  Data Covid-19 NTB per tanggal 16 Juni 2021, warga Kota Bima terkonfirmasi positif Covid-19 sebayak 12 orang. Sementara Kabupaten 9...