Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Semua Cafe yang Jual Miras tidak Miliki Izin Perdagangan

M Nur Setiawan

Bima, Bimakini.- Semua Cafe yang menjual miras di  Kota Bima tidak memiliki ijin perdagangan dariDinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima. Baik di lingkungan Pantai Ule Kelurahan Ule Kecamatan Asakota dan di Amahami hingga Pantai Ni’u Kelurahan Dara.

Disperindag Kota Bima melalui Kasi Pembinaan dan Pengembangan Usaha, M Nur Setiawan mengatakan, yang diberi izin perdagangan hanya minuman beralkohol rendah. Sementara minuman beralkohol tinggi, tidak boleh diperjual belikan sembarangan.

“Memang banyak beredar Miras seperti bir dan sejenisnya. Tapi, ada juga beredar Miras jenis oplosan seperti Sofi, bre dan sejenisnya. Namun semua itu, dilarang keras untuk diperjual belikan sembarangan,” katanya, Selasa (15/6/2021).

Sementara, kata Setiawan, Cafe yang menjual Miras, masuk kategori perdagangan liar. Belum lagi dampak negatif yang ditimbulkan karena mengkonsumsi minuman tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Pada intinya, kalau izin usaha mengenai hiburan, silahkan ditanyakan pada DPMPTSP. Tapi, kalau untuk perdagangan Miras, tidak ada izin yang dikeluarkan oleh Disperindag,” ujarnya.

Untuk hal itu, lanjut Setiawan, Disperindag selalu imbau pedagang dan masyarakat agar tidak menjual Miras. Lebih tegas lagi, hingga hari ini, belum ada peraturan yang mengatur tentang izin penjualannya baik dari pusat maupun daerah.

“Memang benar penjualan Miras di Cafe, bukan lagi sesuatu yang sifat privasi. Tapi, kami terus melakukan imbauan agar Miras tidak di jual sembarangan. Karena, akan marusak pertumbuhan masyarakat khususnya generasi muda,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun untuk penertertiban peredaran Miras ini, sepenuhnya kewenangan Sat PolPP sebagai pelaksana Perda. “Harapannya, bagi Cafe yang beroperasi di Kota Bima, tidak lagi menjual Miras,” pungkasnya. ILY

Share
  • 293
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak 12 jirgen minuman keras jenis sofi diamankan dari Kelurahan Tanjung,  Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Rabu (14/7/2021). Penangkapan dipimpin Kasat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima dan Polres Bima Kota didesak menutup Kafe yang menjual miras di Pantai Ule Kelurahan Ule, Kecamatan Asakota dan disepanjang...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Opsnal Polsek Rasanae Timur Polres Bima Kota berhasil mengamankan Minuman Keras (Miras) jenis Bir Bintang, pada salah satu bus yang...