Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tim Gugus Manggelewa Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Sosialisasi yang dilaakukan tim gugus di Manggalewa.

Dompu, Bimakini. – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi, Rabu (18/6/2021) pagi.

Rapat itu dihadiri Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Manggelewa, Jakariah, S.Pd., Kapolsek Manggelewa, IPTU Abdul Malik, SH., Kepala UPTD Puskesmas, Camat, para Kepala Desa, Babinsa dan perawat vaksin.

Dokter vaksinasi, Dr. I Putu Aria Adi Nata., menyatakan, kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dompu sudah mulai meningkat. Oleh karenanya, vaksinasi tersebut dilakukan untuk memberikan kekebalan tubuh dan menurunkan kesakitan akibat Covid-19.

“Sesuai intruksi Presiden, program vaksin Covid-19 diberikan secara gratis. Dan vaksin ini sudah mendapat EUA dan BPOM, perubahan terhadap jenis vaksin dapat dilakukan berdasarkan rekomendasi ITAGI dan pertimbangan KPCPEN,” urainya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata dia, dalam waktu sehari dapat dilakukan sekitar 20 sesi vaksinasi Covid-19. Jadi mereka akan bersurat pada tiap-tiap Desa yang akan dilakukan vaksinasi awal.

“Prinsip vaksin harus didampingin oleh Dokter vaksinasi dan perawat vaksinasi. Sebelum dilakukan vaksinasi harus di cek kesehatannya dulu. Harus di skriming dulu, karena yang lolos skriming baru bisa divaksinasi. Kalaupun ada yang tidak lolos skriming, itu tidak diperbolehkan untuk dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

Dia menyarankan agar masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi Covid 19, nanti agar sarapan pagi terlebuh dahulu. Nantinya, target yang akan divaksinasi yaitu, Lansia, orang gangguan jiwa, guru dan anak sekolah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Untuk mulainya, kita laksanakan vaksinasi pada hari Sabtu tanggal 19 Juni 2021 di Desa Soriutu. Kami sudah evaluasi untuk yang lansia, memang kemarin banyak lansia yang datang. Namun kebanyakan dari mereka banyak datanya tidak sesuai dengan KTP nya,” tuturnya.

Dijelaskanya, jumlah target yang akan di lakukan vaksinasi Covid-19 terdiri dari 26 orang dari Desa Soriutu. Sedangkan dari Desa Banggo ada 26 orang, Desa Domelo ada 27 orang, Desa Lanci Jaya ada 26 orang.

Sementara di Desa Nusa Jaya ada 27 orang, Desa Kwangko ada 24 orang, Desa Tekasire ada 25 orang, di Desa Anamina ada 26 orang, Desa Tanju ada 24 orang, Desa Suka Damai ada 26 orang, Desa Nanga Tumpu 25 orang, dan Desa Kampasi Meci ada 24 orang,

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Sedangkan guru Sekolah se Kecamatan Manggelewa ada 115 orang yang akan dilakukan vaksinasi,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Manggelewa, IPTU Abdul Malik, SH., menyatakan, kegiatan vaksinasi tersebut telah beberapa kali dilakukan. Jadi peranan TNI – Polri sudah sesuai dengan penekanan Kapolri.

“Bagaimanapun caranya, kita harus sukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19 ini,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia meminta kepada pihak Puskesmas, Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintahan Desa agar berkerja sama dalam mendukung program pemerintah secara Nasional dalam menuntaskan dan memutuskan virus Corona.

“Untuk mewujudkan pelaksanaan vaksinasi sesuai target, maka instansi terkait harus melakukan koordinasi yang intens dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda,” terangnya. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 Juni 2021, Kepolisian Resor Polres Dompu intens melakukan silaturrahmi dan penggalangan dengan tokoh...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Guna mencegah penyebaran Virus Corona, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Huu melaksanakan sosialisasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Kegiatan...