Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Tolak Hasil Pilkades, Pendukung Cakades Kalah Blokade Jalan

Aksi blokade jalan dan bakar ban oleh pendukung calon kades kalah.

Dompu, Bimakini. – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk 16 Desa di Kabupaten Dompu pada Kamis 17 Juni 2021 kemarin berjalan aman kondusif.

Meski demikian, terdapat salah satu Calon Kapala Desa (Cakades) yang tidak terpilih mengajukan permohonan sengketa kepada Tim Penyelesaian Sengketa Kabupaten Dompu.

Diantaranya, Cakades Mumbu, Kecamatan Woja. Calon atas nama Salahudin Hemo dengan nomor urut 4 ini resmi mengajukan gugatan hasil Pilkades, Senin (21/6/2021).

Mantan Kades Mumbu yang punya selisih 6 suara dengan Kades Terpilih tersebut mengajukan permohonan gugatan atas dugaan penggelapan kartu surat suara yang dicoblos, penggelapan kartu suara yang tidak terpakai, serta keabsahan suara sah dan tidak sah oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Mumbu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk mendorong Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Kabupaten Dompu agar laporan mereka segera ditindak lanjuti. Mereka melakukan aksi blokade jalan Lintas Mumbu, Selasa (22/6/2021) pagi.

Tak lama setelah aksi blokade jalan,
Cakades Mumbu, Kecamatan Woja, Salahudin Hemo didampingi tim suksesnya dan Camat Woja berdialog dengan Kepala DPMPD Kabupaten Dompu.

Dihadapan Kepala DPMPD yang juga Sekretaris Tim Penyelesaian Sengketa meminta agar membuka kembali surat suara di TPS 5 Desa Mumbu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami menuntut untuk membuka dan menghitung kembali surat suara di TPS 5. Karena penyelenggara saat itu banyak pelanggarannya,” terang Cakades dan Ketua timnya, Haerul., saat audensi dengan Kepala DPMPD Dompu.

Menanggapi hal itu, Kepala DPMPD Kabupaten Dompu, Khaeruddin, SH., menegaskan, mereka akan segera melakukan klasifikasi kepada panitia Desa sebagai penyelenggara.

“Kami punya komitmen dalam menjalankan aturan, nanti semuanya akan kembali pada aturan. Kami tetap objektif menangani laporan tersebut, jawabnya kembali pada aturan. Hindari blokir jalan, karena mengganggu hak-hak orang lain,” ucapnya. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 541
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Dompu, Bimakini. – Tim Penyelesaian Sengketa Kabupaten Dompu berkomitmen untuk tetap menindak lanjuti permohonan sengketa Calon Kepala Desa (Cakades) Mumbu, Kecamatan Woja, Salahudin Hemo.,...

Politik

Dompu, Bimakini. – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Madaparama, Kecamatan Woja pada 17 Juni 2021 berlangsung sesuai protokol kesehatan Covid-19. Sebab, pada Tempat Pemungutan Suara...

Politik

Dompu, Bimakini. – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) mewajibkan pemilih untuk memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan mengecek suhu tubuh...