Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Tolak Hasil Pilkades, Pendukung Cakades Kalah Blokade Jalan

Aksi blokade jalan dan bakar ban oleh pendukung calon kades kalah.

Dompu, Bimakini. – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk 16 Desa di Kabupaten Dompu pada Kamis 17 Juni 2021 kemarin berjalan aman kondusif.

Meski demikian, terdapat salah satu Calon Kapala Desa (Cakades) yang tidak terpilih mengajukan permohonan sengketa kepada Tim Penyelesaian Sengketa Kabupaten Dompu.

Diantaranya, Cakades Mumbu, Kecamatan Woja. Calon atas nama Salahudin Hemo dengan nomor urut 4 ini resmi mengajukan gugatan hasil Pilkades, Senin (21/6/2021).

Mantan Kades Mumbu yang punya selisih 6 suara dengan Kades Terpilih tersebut mengajukan permohonan gugatan atas dugaan penggelapan kartu surat suara yang dicoblos, penggelapan kartu suara yang tidak terpakai, serta keabsahan suara sah dan tidak sah oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Mumbu.

Untuk mendorong Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Kabupaten Dompu agar laporan mereka segera ditindak lanjuti. Mereka melakukan aksi blokade jalan Lintas Mumbu, Selasa (22/6/2021) pagi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tak lama setelah aksi blokade jalan,
Cakades Mumbu, Kecamatan Woja, Salahudin Hemo didampingi tim suksesnya dan Camat Woja berdialog dengan Kepala DPMPD Kabupaten Dompu.

Dihadapan Kepala DPMPD yang juga Sekretaris Tim Penyelesaian Sengketa meminta agar membuka kembali surat suara di TPS 5 Desa Mumbu.

“Kami menuntut untuk membuka dan menghitung kembali surat suara di TPS 5. Karena penyelenggara saat itu banyak pelanggarannya,” terang Cakades dan Ketua timnya, Haerul., saat audensi dengan Kepala DPMPD Dompu.

Menanggapi hal itu, Kepala DPMPD Kabupaten Dompu, Khaeruddin, SH., menegaskan, mereka akan segera melakukan klasifikasi kepada panitia Desa sebagai penyelenggara.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami punya komitmen dalam menjalankan aturan, nanti semuanya akan kembali pada aturan. Kami tetap objektif menangani laporan tersebut, jawabnya kembali pada aturan. Hindari blokir jalan, karena mengganggu hak-hak orang lain,” ucapnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sekelompok warga atau pendukung Ardiansyah, ST Calon Kades Nomor Urut 5 Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB memblokade jalan lintas Bima...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Kapolres Dompu mengaku akan menindak tegas para demonstran, pelaku dan provokator yang kerap melakukan aksi blokade jalan negara saat menyampaikan pendapat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kepolisian Resor Bima, kini memindahkan sebanyak 10 orang anggota massa aksi dari Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Monta Selatan Menggugat atau AMANAT, ke Mapolda...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Setiap orang boleh menyampaikan aspirasi. Namun, jangan sampai merugikan kepentingan umum, seperti halnya melakukan blokade jalan. Kabag Ops Polres Bima, Kompol Herman,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Aparat Polres Bima dan Kodim 1608 Bima membubarkan aksi blokade jalan di Desa Waro, Kecamatan Monta,  Kabupaten Bima, Kamis (12/5/2022) siang. Aksi...