Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Disparpora Kota Bima Gelar Bimtek Pelaku Ekonomi Kreatif

Kota Bima, Bimakini.- Tingkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang ekonomi krearif, Pemkot Bima melalui Dinas pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima menggelar bimtek usaha kreatif  bagi pelaku ekonomi kreatif.

Bimtek diselenggarakan selama enam hari meliputi berbagai bidang, yaitu Kuliner khas Bima, handicraft atau pembuatan kerajinan dari kainTenun tradisional dan  dan Fashion desainer berbahan baku kain tenun Bima.

Terakhir hari ini Senin (5/7) di aula gedung tenun Kelurahan Penaraga, Bimtek usaha kreatif kuliner.

Kepala Dinas Pariwisata melalui  Kabid Ekonomi Kreatif Disparpora Kota Bima, Ririn Swandayani, ST mengatakan, bimtek dibagi dalam tiga kegiatan pelatihan, handicraft, Fashion Desainer dan kuliner khas Bima.

Untuk handicraft yaitu pelatihan pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar kain tenun Bima, seperti tas, topi, dompet. Pelatihannya telah dilaksanakan pekan lalu. Termasuk Fashion Desainer menghasilkan sejumlah karya baju berbahan kain tenun.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Hari ini dilanjutkan dengan bimtek kuliner khas Bima yang diikuti oleh 40 peserta dari para pengusaha UMKM bergerak di bidang kuliner, seperti dari cafe, rumah makan.

Untuk menu diberikan pelatihan yaitu,  karowiti berbahan dasar dari kulit sap, sop bandeng dikreatifkan.  Kemudian besok dilanjutkan dengan menu Badeba berbahan dasar dari tepung beras sama cairan gula merah.

Dari kegiatan bimteks ini pemerintah bertujuan akan adanya Peningkatan kapasitas SDM bagi pelaku Usaha Kreatif Kota Bima di bidang Kerajinan/Handycraft, Fashion Desainer dan Kreatif Kuliner Kota Bima.

Dijelaskannya, mengapa fokus pada fashion, kuliner dan hadycraft, karena sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat dan menjadi akses kreatifitas dalam usaha peningkatan ekonomi masyarakat

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sebagai output kegiatan, Bimtek ini diharapkan mampu menghasilkan pelaku UMKM kreatif dan berkelanjutan serta memiliki daya inovasi sehingga mampu menghasilkan kreasi-kreasi yang mampu bersaing dan dapat diandalkan yang pada akhirnya Kota Bima semakin maju dalam pariwisata dan usaha di sektor ekonomi kreatif. (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Isu kemiskinan, pengangguran, perluasan lapangan kerja, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, industrialisasi pertanian, peternakan, penanganan kamtibmas, mitigasi bencana,...

Ekonomi

Lombok Tengah, Bimakini. – Komisi IV DPRD NTB, Ruslan Turmuzi melakukan sosialisasi terhadap Peraturan Daerah (Perda) NTB Nomor 3/ 2020 tentang Ekonomi Kreatif dan...