Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Forum PRB Kota Bima Tinjau Kondisi DAM Rontu Rusak

Forum PRB saat meninjau kondisi Dam Rontu.

Kota Bima, Bimakini.- Mendapatkan aduan dari petani, Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kota Bima, Rabu pagi (14/7) meninjau kondisi DAM Rontu sebagai sumber irigasi bagi 200 hektar lahan pertanian.

Terlihat Ketua Forum PRB Kota Bima, Syamsurih turun langsung bersama pengurus dan puluhan anggota TSBK di lokasi. Selain itu hadir pul kepala Dinas PUPR Kota Bima. Tidak hanya meninjau kerusakan DAM, dalam rombongan juga mengikut sertakan dua penyelam yang melakukan pemeriksaan terhadap kerusakan.

Wahab mewakili Kelompok Tani di enam kelurahan,  petani sangat berharap peninjauan dilakukan Forum PRB dapat memberikan solusi bagi kelangsungan kehidupan petani.

Pasalnya kondisi DAM Rontu menjadi sumber utama pengairan untuk 200 hektar lahan pertanian sejak sepulu tahun terakhir mulai terdapat sejumlah kerusakan. Seperti sedimen lumpur, terakhir dilakukan pengerukan sepuluh tahun lalu dan sampai saat ini tak pernah dilakukan lagi, sehingga berdampak pada jumlah debit air tertampung.

Kemudian dibagian dasar sayap DAM sudah terjadi kerusakan parah, pun pada dinding tanggul penahan air dari struktur DAM diketahui telah terjadi kebocoran yang bila tak segera dilakukan perbaikan suatu waktu akan merobohkan tanggung penahan ” semoga melalui Forum hadir bisa mencarikan solusi bagi kami,” harap Wahab.

Ketua Forum PRB Kota Bima, Syamsurih menyampaikan, turun langsung meninjau kondisi DAM Rontu ini dalam rangka mengakomodir keluhan dan harapan dari para petani di tujuh kelurahan, berdasarkan informasi disampaikan Gapoktan.

Harapan mereka berkaitan dengan kondisi  DAM Rontu terjadi beberapa titik kerusakan, seperti kebocoran, penumpukan sedimen diatas DAM.

Termasuk juga Masalah tak adanya penjaga DAM, sehingga tidak maksimal dan tugas  perawatan dan pengawasan, terutama saat musim penghujan guna memantau saat terjadi banjir.

Menindaklanjuti keluhan tersebut hari ini kata Syamsurih pihaknya turun bersama seluruh tim forum PRB, termasuk membawa dua penyelam untuk melakukan pemeriksaan dikedalaman air. “Dengan demikian kami akan mengetahui secara pasti kerusakan terjadi, termasuk dari Dinas PUPR,” ujarnya.

Tentunya usai melakukan peninjauan dan pemeriksaan kondisi DAM, Forum PRB akan melakukan kajian dan menyerahkan dokumennya pada Pemerintah Kota Bima, BWS dan Provinsi NTB termasuk pemerintah pusat. Tentunya apa dilaporkan oleh Forum PRB bisa menjadi pertimbangan pemerintah mengambil kebijakan secepatnya mengalokasikan anggaran perbaikan.

Karena keberadaan DAM Rontu ini sangat Fital, selain sebagai sumber utama air irigasi bagi 200 hektar lahan pertanian juga dari segi kebencanaan. Sehingga harusnya cepat ditindaklanjuti. (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Intensitas hujan yang tinggi dan banjir yang sudah terjadi beberapa kali, tidak diimbangi dengan jumlah dapur umum. Saat ini ketersediaan dapur...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) “Mbojo Matenggo” Kota Bima, Periode 2021 – 2024  dikukuhkan Senin 20 Desember 2021 di Paruga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Posisi Kota Bima sebagai daerah transit, menjadi sangat rawan terjadinya penyebarab virus corona. Selain itu, belum terlihat adanya upaya serius dari...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Mbojo Matenggo menggelar Lokakarya Peran Dunia Usaha melalui...