Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kini RSUD Bima Sudah Miliki Alat PCR

Tim Medis RSUD Bima.

Bima, Bimakini.-Kini Kabupaten Bima  sudah memiliki alat PCR untuk melayani pemeriksaan dan pengerjaan RT- PCT SARS –CoV-2  pada Laboratorium Biomolekular RSUD Bima. Ini setelah adanya izin dari Litbangkes di Jakarta.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE mengatakan, alat PCR ini hadir  diajukan tahun lalu dengan mengajukan proposal ke pemerintah pusat dan tahun ini terealisasi oleh BNPB. Namun untuk alat pendukungnya diadakan sendiri oleh pemerintah daerah melalui RSUD. Pengajuan Proposal alat PCR ini ditujukan untuk mempercepat proses lab hasil sampel swab pasien diduga terpapar covid sehingga dapat cepat diketahui hasilnya.

“Alhamdulillah, dengan hadirnya alat pcr ini akan mempercepat kinerja layanan untuk covid 19, mengingat selama ini kita harus mengirim ke sumbawa dan mataram untuk pcr swab “ katanya, Jumat (23/7/2021).

Kata dia, dengan hadirnya Alat PCR ini, RSUD Bima dapat memeriksa sampel sebanyak 90 dalam sehari. Juga melayani periksaan sampel untuk pulau sumbawa terutama sampel dari Kabupaten Bima, RS Dompu dan Kota Bima termasuk RS Swasta.

Untuk jadwal Pengambilan sampel swab dan pengerjaan RT-PCR dilaksanakan setiap hari kerja kecuali minggu dan libur nasional serta akan ditangani oleh tenaga terlatih dan profesional  dengan penanggung jawab ahli seorang dokter spesialis yaitu dr. Rahma Indah Pratiwi, Sp.PK.

Sementara itu, Direktur RSUD drg. H.Ihsan  menyambut gembira dengan terbitnya izin dari Litbangkes untuk RSUD Bima karena waktu kerja pemeriksaan sampel swab menjadi lebih singkat yaitu cukup 4-5 jam sudah diketahui hasilnya.

“Sebelumnya kita harus kirim ke Lab Geopark sumbawa dan membutuhkan beberapa hari untuk ketahui hasil swab , dengan hadirnya alat ini kerja RSUD dalam menangani Covid 19 akan semakin cepat“ kata Ihsan. (BE04)

Share
  • 59
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kasus pengancaman  tejadi di ruang IGD  RSUD Bima, Ahad (15/8/2021).  Tiga terduga pelaku diamankan polisi setelah mengancam tenaga kesehatan (Nakes) dengan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Mengantisipasi lonjakan penyebaran Corona Virusdisease 2019 (Covid_19), Polres Bima Kota bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Covid_19 Kota Bima, menggelar Swab dan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Jajaran Kepolisian Resor Polres Dompu terus berupaya mencegah penyebaran virus Corona. Upaya itu dengan mereka melakukan patroli seperti dilakukan Kapolsek Dompu,...