Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Petik Bunga Edelweiss di Gunung Tambora, Seorang Pendaki Diblacklist Lima Bulan

Pendaki yang diblacklist karena memetik Bunga Edelweiss.

Bima, Bimakini.-  Seorang pendaki di Kawasan Taman Nasional Tambora, memetik bunga Edelweiss tepatnya di Puncak Jalur Pendakian Piong, Kabupaten Bima. Pendaki tersebut mengunggah fotonya dengan memegang bunga Edelweiss di media sosial.

Balai Taman Nasional Tambora pun langsung menindaklanjutinya dan membawa SF (18 tahun) kantor untuk memberi keterangan atas perbuatan yang dilakukannya. Pemanggilan pelaku ke atas kerjasama Direktur Rumah Kejora, Syahrul M, Direktur NGO Gerylia Environment, Farid Fadli dan beberapa aktivis lingkungan lainnya.

Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yunaidi, S.Si mengungkapkan, berdasarkan keterangan pelaku, mengaku tidak mengetahui jika Bunga Edelweiss tersebut dilindungi UU No. 5 Tahun 1990 tentang tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.  Terhadap pelaku diberikan sanksi tidak boleh mendaki selama lima bulan.

Pelaku pun, kata dia, meminta maaf dan tidak mengulanginya lagi. Namun atas tindakannya itu, SF diblack list selama lima bulan. “Pelaku diberi sanksi pembinaan berupa tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pendakian di semua jalur pendakian yang resmi di Taman Nasional Tambora selama 5 bulan semenjak surat pernyataan ini ditanda tangani,” ujarnya, Rabu (21/7/2021).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pelaku juga siap menjadi mitra dan ikut mensosialisasikan terkait aturan yang berlaku di Kawasan Taman Nasional Tambora. “Semoga dari kasus ini tidak akan ada lagi tindakan serupa yang terjadi di Kawasan Taman Nasional Tambora. Kami selaku pengelola Kawasan Taman Nasional Tambora menghimbau agar semua pengunjung agar tidak merusak ekosistem yang ada agar tetap lestari,” harapnya.

Dijelaksannya, para Mitra Kerja yang membantu proses pemanggilan pelaku ke Kantor Balai Taman Nasional Tambora, juga menyarankan agar lebih intens lagi menyosialisasikan hal tersebut, sehingga tidak ada lagi pendaki lain melakukannya. (BE04)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 157
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  September ceria. Sepertinya cocok buat menggambarkan kegembiraan para pendaki yang sudah lama ingin menggapai puncak Gunung Tambora. Jika tidak ada kendala, pendakian...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Kepala Kantor Balai Taman Nasional (TN) Gunung Tambora, melalui Kepala Resor Piong Sabaruddin, Shut, menejaskan, bahwa jalur pendakian di gunung Tambora belum...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Taman Nasional (TN) Gunung Tambora sebelumnya ditutup karena pendemi Covid – 19. Kini Kantor Balai Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT), membuka kembali...