Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMKN 1 Kota Bima Wakili NTB Lomba Kihajar STEM Intermediate Tingkat Nasional 2021

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bima, mewakili NTB untuk lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Sains, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Intermediate Tingkat Nasional 2021. Mereka terpilih tersebut setelah berhasil menyisihkan pelajar lain dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi NTB.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 3482/JI/TI.02.00/2021 Tentang Penetapan Peserta Lolos Kihajar STEM Intermediate 2021.

Kuis Kihajar merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik di satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK/ sederajat agar dapat memiliki keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Berdasarkan keputusan tersebut, pada jenjang SMK, SMK Negeri 1 Kota Bima meloloskan 2 tim yang terdiri dari 3 orang siswa dalam 1 tim sementara SMAN 1 Sumbawa Besar mewakili jenjang SMA juga meloloskan 2 tim untuk mewakili NTB pada tingkat nasional.

Kepala SMKN 1 Kota Bima, Drs. Safruddin mengatakan, ini merupakan ajang yang sangat prestisius yang didesain dengan menarik dan menuntut pengetahuan siswa yang mengikutinya. Hal ini menjadi daya pikat tersendiri bagi siswa untuk mengikuti Kuis Kihajar STEM Intermediate.

Hasil ini juga menunjukkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kota Bima, karena mampu meloloskan 2 tim untuk berlomba pada tingkat nasional mewakili NTB untuk jenjang SMK.

“Selamat kepada enam siswa pemenang kuis Kihajar STEM Intermediate tahun 2021 dari SMK Negeri 1 Kota Bima yang akan mewakili NTB ke tingkat nasional, serta guru pembina hebat yang mendampingi dan membina siswa selama pelaksanaan lomba. Kerja keras guru dalam proses pendidikan telah menunjukkan hasil yang membanggakan,” ujarnya, Kamis (15/7/2021).

Safruddin meminta kepada tim Kihajar SMKN 1 Kota Bima yang lolos ke tingkat nasional agar belajar lebih giat lagi untuk dapat menjadi juara. Serta menjadikan pengalaman bertanding selama mengikuti lomba sebagai motivasi untuk mengekspresikan kemampuannya, sehingga dapat menularkannya kepada siswa lain di NTB.

“Para pelajar di SMK Negeri 1 Kota Bima adalah pelajar yang berkualitas dan prestasi dengan bimbingan dari guru-guru hebat disekolah tidak boleh kalah dengan pelajar lainnya di Indonesia. Terus mengasah bakat dan kemampuannya agar dapat memenangkan setiap kompetisi di tingkat provinsi hingga nasional,” pintanya.

Kuis Kihajar untuk tingkat Provinsi NTB, yang berlangsung Ahad (11/7/2021) diikuti oleh seluruh peserta dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dari berbagai Kabupaten/Kota di NTB. Para siswa saling berkompetisi menunjukkan kemampuannya untuk dapat mewakili NTB pada lomba Kihajar STEM Intermediate tahun 2021 tingkat nasional.

Safruddin menyebutkan, siswa SMK Negeri 1 Kota Bima yang lolos mewakili NTB pada lomba Kihajar tingkat nasional tahun 2021 atas nama Alfiah Abdillah Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Hairunnas Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), Arniati Faqtulillah Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Alfi Fadlillah Program Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (KKBT), Fitratunnisah Program Keahlian Otomatisasi dan tata Kelola Perkantoran (OTKP), dan Nur Rahmawati Program Keahlian Perbankan Syariah (PS).

“Tim pelajar yang lolos ini akan berada dibawah bimbingan Sri Mulyanti, SE, Nurul Asih Kurniawati, S.Pi dan Salwa, SE. AK. Untuk kembali berjuang mengharumkan nama SMK Negeri 1 Kota Bima dan NTB di tingkat Nasional” ujarnya bangga. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMK Negeri 1 Kota Bima terus mengiatkan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dengan berbagai program peningkatan melalui kepala sekolah baru,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini. – Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima mengukir prestasi hebat dan membanggakan pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMKN 1 Kota Bima unjuk prestasi nasional dalam lomba Kihajar STEM Kemendikbud dengan meloloskan enam siswa berprestasi ke tahapan Final 2021....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Enjoy Lawata event Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima  untuk meningkatkan kunjungan wisata di  Pantai Lawata. Pada kegiatan ini...