Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Waspadai Dokumen Palsu, Tanda Tangan Digital Solusinya

Dr. Najamuddin Amy

Mataram, Bimakini.- Maraknya pemalsuan dokumen mengatasnamakan identitas pejabat, mulai dari pemalsuan tanda tangan bahkan cap stempel yang dengan mudah diduplikat, membuat Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya mengurangi hal tersebut dengan menerapkan tanda tangan digital.

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, mengatakan bahwa penerapan tanda tangan digital bertujuan untuk meningkatkan keabsahan dokumen yang mengatasnamakan identitas pejabat, sehingga tingkat validasi sebuah dokumen dapat dipertanggung jawabkan.

“Sekarang ini masyarakat dengan mudah melakukan pemalsuan tanda tangan dengan cara menscan, baik itu tanda tangan bahkan cap stempel juga bisa dengan mudah dibuat, sehingga pentingnya adanya tanda digital ini agar keabsahan dokumen dapat terus terjamin,” tutur Kadis Kominfotik NTB saat memberikan sambutan dalam peluncuran Aplikasi Bank Data dan Tanda Tangan Digital Kabupaten Lombok Utara, di Aula Bupati KLU, Senin (19/7/2021).

Adanya tanda tangan digital mencakup beberapa data dari identitas pemilik, seperti halnya sidik jari dan berbagai dokumen yang memastikan keabsahan dokumen tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tanda tangan sangat mudah ditiru saat ini, tetapi tanda tangan elektronik memiliki keakuratan yang sangat kuat. Seluruh identitas dari pejabat benar-benar terlihat, seperti ada analisa forensik dari sidik jari orang yang tidak memiliki kesamaan oleh siapapun,” tutur Doktor Najam.

Senada dengan Kadis Kominfotik NTB, Kepala Dinas Kominfo Lombok Utara, H. Muhammad, juga menjelaskan betapa pentingnya tanda tangan digital guna menghindari berbagai kecurangan.

Selain itu, Muhammad juga menjelaskan bahwa tanda tangan digital sebelum dilakukan peluncuran sudah melalui berbagai tahap pengkajian dan verifikasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Proses tanda tangan digital sudah melalui proses pengkajian dan verifikasi oleh Balai Sertifikasi Elektronik yang berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara RI,” ungkapnya. PUR

Share
  • 135
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Dompu terus bertambah. Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, berlakukan pelayanan secara online melalui via email. Alamat email pelayanan, disesuaikan dengan Kecamatan masing-masing....

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dompu, Drs Abdul Najib., memastikan bahwa, tidak ada persyaratan wajib memiliki sertifikat...