Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Atasi  Krisis Air Bersih  Warga, BPBD Kota Bima Buat Pemetaan

Warga Dara alami krisis air bersih setiap musim kemarau.

Kota Bima, Bimakini.- Mengantisipasi  krisis air bersih memasuki musim kemarau, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima melakukan pemetaan wilayah terdampak. Pemetaan itu dilakukan untuk memudahkan pendistribusian air bersih bagi warga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima, Najamuddin, SSos mengungkapkan, hasil pemetaan, wilayah barat Kota Bima paling terdampak, seperti Kelurahan Melayu, Tanjung, Sarae, Dara. Kelurahan ini menjadi langganan setiap tahunnya. “Kami berkoordinasi dengan Tim Reaksi Cepat, Dinas Lingkungan  Hidup, Damkar, Bagian Umum untuk membagikan zona wilayah distribusi air bersih,” ungkanya, Rabu (25/8/2021).

Untuk wilayah timur Kota Bima, kata Crisna, sapaannya, masih terpenuhi. Masyarakat masih memiliki sumber air yang membuat mereka dapat memenuhi kebutuhan air, seperti melakukan pengeboran.

Disampaikannya, untuk jumlah wilayah yang terdampak krisis air bersih, terjadi penurunan. Pada tahun 20219, terdapat 19 wilayah terdampak, 2020 turun menjadi 18, sedangkan di 2021 terdapat sekitar 11 yang terdampak. “Ini juga terjadi karena tidak rutinnya  penyaluran air bersih dari PDAM sendiri,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, kata dia, telah didistribusikan tandon atau tempat penampungan air bersih di sejumlah wilayah yang rawan krisis. Bantuan tempat penampungan air juga dari BUMN dan BUMD. “Pembagian zona juga melibatkan Dinas Sosial dan kerjasama dengan BUMN dan BUMD, seperti Bank NTB,” ujarnya.

Selain itu, diimbaunya agar masyarakat bisa menghemat penggunaan air bersih. Apalagi Kota Bima termasuk akan menghadapi kemarau yang tingginya. “Itu berdasarkan perkiraan dari BMKG, salah satu wilayah yang mengalami cuaca panas tinggi adalah NTB, yakni  salah satunya di Bima,” ungkapnya. (BE04)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten  Bima siap menyalurkan air besih bagi warga yang membutuhkannya. Apalagi saat ini masuk musim kemarau dan mulai ada permintaan air...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Ratusan warga Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, kembali memblokade jalur utama yakni jalan lintas provinsi sekitar. Aksi blokade jalan berlangsung sejak pagi...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Krisis air bersih masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat Kota Bima. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau. Distribusi air bersih...