Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dukcapil Kabupaten Bima Berlakukan Pelayanan Online Via Email

Salahuddin, SH, MSi

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, berlakukan pelayanan secara online melalui via email. Alamat email pelayanan, disesuaikan dengan Kecamatan masing-masing.

Kadis Dukcapil Kabupaten Bima, Salahudin, MSi mengatakan, untuk hindari dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pelayanan Kepemerintahan seperti Dukcapil, berlakukan online melalui via email.

“Informasi tersebut, sudah dibagikan pada masing-masing desa. Sehingga, masyarakat yang ingin urus kelengkapan kependudukan bisa datangi desa masing-masing,” katanya baru ini.

Lanjut Salahudin, bagi masyarakat yang urus administrasi kependudukan, harus lengkapi bahan sesuai aturan UU yang berlaku lalu dikirim via email. Selanjutnya bahan-bahan yang sudah dikirim, akan diverifikasi oleh petugas, terutama kelengkapan buku nikah bagi yang mau urus Kartu Keluarga (KK)

“Setelah diverifikasi, bila ada kekurangan bahan yang dikirim akan diberitahu kembali melalui via email pengiriman. Sementara bagi yang lengkap, langsung di cetak di desa atau bisa juga cetak sendiri,” ujarnya.

Tambah Salahudin, sementara untuk pembuatan baru Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), harus dilakukan perekaman di kantor Dinas. Karena perekaman itu selain foto, harus sidik jari, iris mata dan tanda tangan yang bersangkutan. Untuk umur yang bisa buat e-KTP, minimal 17 tahun nol bulan.

“Pemberlakuan pelayanan online via email ini, akan berlangsung sampai waktu yang tidak ditentukan. Karena tergantung situasi dan kondisi Daerah pada masa pandemi Covid-19, terutama surat pemberitahuan dari Bupati tentang situasi daerah,” pungkasnya. ILY

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) – Elektronik (EL) gencar dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bima dengan cara Jemput Bola (Jebol) yakni turun...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, menegaskan masyarakat yang mengurus data pindah kependudukan, melengkapi Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Sesuai Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 tahun 2019, kertas Administrasi Kependudukan (Adminduk) berwarna putih, jenis HVS A4 pengganti kertas security...