Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kota Bima Akan Hadirkan Profil Kelurahan, Semua Potensi dapat Diakses Secara Online

Aplikasi SIMATIK yang memuat profil kelurahan di Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.-  Untuk mewujudkan Kota Bima berbasis digital, Bagian Pemerintahan Setda Kota Bima melaksanakan kegiatan Profil Kelurahan. Kegiatan Profil Kelurahan ini bertujuan agar potensi-potensi Kelurahan di Kota Bima dapat diakses oleh masyarakat luas secara online.

Kabag Pemerintahan Setda Kota Bima, Ichwanul Muslimin, SP, MM mengatakan, kegiatan Profil Kelurahan telah berjalan sejak Februari 2021 bekerjasama dengan LP2DER (Lembaga Pengembangan Partisipasi, Demokrasi dan Ekonomi Rakyat). Untuk tahap awal, dilaksanakan di 23 Kelurahan dan saat ini sedang dalam tahapan pengumpulan data.

Data-data tersebut, kata Ichwanul Muslimin akan tergabung jadi satu dalam sebuah sistem aplikasi yang dinamai SIMATIK (Sistem Administrasi dan Informasi Kelurahan) yang kedepannya akan dikoneksikan ke Command Center Pemerintah Kota Bima.

“Profil Kelurahan ini memuat informasi kewilayahan tentang Kelurahan-Kelurahan di Kota Bima, seperti peta wilayah, jumlah penduduk, mata pencaharian sampai dengan penduduk yang telah memiliki MCK atau belum serta daya penggunaan listrik pada rumah penduduk dapat dipantau,” lanjutnya.

Tidak hanya itu saja, kata dia, kegiatan profil kelurahan ini juga terdapat program surat menyurat dasar di Kelurahan yang terorganisir dalam satu sistem dengan tujuan memudahkan pelayanan publik baik secara online maupun ofline. “Pelayanan surat menyurat ini kedepannya terkoneksi dengan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Iuran Persampahan, sehingga masyarakat yang akan melaksanakan pelayanan di Kantor Kelurahan telah selesai menjalani kewajiban pada item tersebut,” katanya.

Sementara ditempat terpisah, sejalan dengan apa yang telah disampaikan oleh Kabag Pemerintahan Setda Kota Bima, Koordinator Program LP2DER  Muhammad Darwis, SP mengatakan, Program kegiatan profil kelurahan yang terkoneksi dengan berbagai item tersebut merupakan ide brilian Walikota Bima yang dituangkan dalam bentuk kegiatan oleh Bagian Pemerintahan Setda Kota Bima dan ini patut kita dukung.

“Saat ini kami masih dalam tahapan pengumpulan data sensus dilapangan, selanjutnya akan dilakukan pleno pada tingkat kelurahan dan penginputan data yang akan dituangkan dalam aplikasi SIMATIK. Ketika data-data ini telah terkoneksikan ke Command Center, Walikota Bima dapat memantau langsung keadaan penduduknya secara langsung,” ujarnya.

LP2DER sangat antusias menjalankan kegiatan ini, walaupun di tengah pademi seperti ini. “Namun tidak menyurutkan semangat tim kami dalam melakukan sensus/ pendataan di lapangan, tentunya prokes tetap kami utamakan,” pungkasnya.

Direktur LP2DER Ir. Bambang Yusuf menambahkan data kependudukan profile kelurahan yang dihasilkan akan divisualkan juga dalam peta digital interaktif sehingga dengan mudah bisa melihat kondisi kependudukan dalam bentuk peta. Seperti sebaran penduduk berdasarkan tingkat kesejahteraan, kondisi rumah, kepemilikan ternak, kepemilikan lahan, alat transportasi, penerangan rumah tanggal, sarana air bersih, jamban dan banyak lagi informasi data yang bisa ditampilkan. (BE04)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait