Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Mahasiswa KKN STIE Bima Kelompok 4 Paparkan Program Kerja di Rasabou

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE Bima kelompok 4 angkatan ke XIX tahun 2021 menyelenggarakan kegiatan seminar program kerja di aula kantor Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Selasa (24/8/2021). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Rasabou, Khairil Ansyar.

Selain dihadiri oleh Sekdes Rasabou dan jajaran, hadir pula saat itu Ketua BPD dan anggota serta elemen lainnya.

Pada waktu yang bersamaan, Ketua Posko Mahasiswa KKN kelompok 4, Sugeng Aryanto memaparkan 3 program kerja. Yang pertama program kerja inti atau wajib, kedua program kerja mingguan  dan ketiga program kerja harian.

Menurut Sugeng, menjadi program inti adalah pendataan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa setempat. Ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa pemilik usaha terdaftar namanya. Kemudian berkaitan dengan pengembangan produk.

“Di desa setempat memiliki banyak wira usaha, sehingga kami harus memperhatikan mereka dengan berupaya membantu segala kendala yang dihadapinya,” ujar Sugeng.

Adapun beberapa produk yang akan kami inovasi dan kreasikan ialah, Jajanan Saroja, Pengrajin Tenun. Kemudian di sektor pertanian ialah petani Semangka dan Jagung. Untuk Kewirausahaan nanti kami akan mengundang Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Perindag), Direktur Umum Perusahaan Daerah Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Semua itu menjadi program inti yang akan dilaksanakan di Desa Rasabou,” sebut Sugeng.

Adapun beberapa program kerja mingguan, yakni Jum’at Bersih seperti melakukan pembersihan di tiap – tiap musholla dan masjid. Selanjutnya Bakti Sosial (Baksos) dan Senam Pagi sebagai perilaku hidup sehat karena kesehatan itu cukup mahal.

“Sedangkan program kerja harian, Mengajar Ngaji dengan menyambangi Musholla, Masjid dan TPQ dalam merangkul adik – adik supaya terhindar dari keganasan Game Online dan lainnya,” jelasnya.

Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN STIE Bima kelompok 4 Desa Rasabou, Amirul Mukminin mengatakan, kegiatan ini mengangkat tema Pengembangan Potensi Lokal Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dan Perilaku Hidup Sehat Di Masa Pandemi Covid19.

“Kegiatan seminar program kerja ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan agar masyarakat tahu bahwa inilah yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN  selama berada di Desa Rasabou,” ucapnya.

Disampaikannya, perlu diketahui bersama bahwa mahasiswa KKN STIE Bima sedikit berbeda dengan mahasiswa KKN kampus lainnya. Kami sangat fokus pada pengembangan produk lokal yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Semoga masyarakat ikut membantu segala kegiatan positif yang dicanangkan oleh Mahasiswa KKN STIE Bima. Sehingga apa yang diharapkan terwujud nyata,” pintanya.

Pada kesempatannya, Ketua BPD Rasabou, Syarifuddin mengapresiasi sekaligus mendukung semua program kerja Mahasiswa KKN STIE Bima kelompok 4 angkatan ke XIX tahun 2021. Hal itu karena sangat tepat dengan kondisi di desa setempat.

“Kita akan terlibat langsung untuk membantu mewujudkan program yang dipaparkan oleh Ketua Posko Mahasiswa KKN STIE Bima,” akunya.

Sekdes Rasabou, Khairil Ansyar mengungkapkan, mewakili  Pemerintah Desa (Pemdes) sangat berharap kepada adik – adik mahasiswa KKN karena soal ekonomi merupakan jantung dari kesejahteraan masyarakat lebih khusus masyarakat di Desa Rasabou. Selama kalian berada disini, kami akan tetap membantu segala prospek adik-adik karena menyangkut kemajuan desa.

“Jangan pernah sungkan dalam mengutarakan hal apapun, kami akan terus membuka ruang untuk berdiskusi menyatakan pikiran bersama adik-adik, karena kita memiliki keinginan yang sama dan kita harus berjalan bersama,” singkat Sekdes Rasabou. KAR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Mahasiswa Pecinta Alam MAHAPETA Sekolah Ilmu Ekonomi (STIE) Bima,  kembali sukses menggelar Lomba Lintas Alam (LLA) ke-VI tingkat NTB. Kegiatan yang...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Saat ini NTB memiliki banyaknya Event Internasional. Ini seharusnya menjadi kesempatan pengembangan UMKM di Bima dan Dompu.  Menjadi kesempatan untuk bisa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebelumnya diberitakan terkait sumur bor yang berlokasi di sekitar area pembangunan relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo ditulis polemik...

CATATAN KHAS KMA

    INI soal kebutuhan dasar, air. Inilah yang dialami warga bukit Jatiwangi. Bukit indah di sisi utara Kota Bima ini, butuh air. Untuk...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Ada dugaan Bank NTB Unit Bolo  “mengendapkan” gaji aparatur desa. Hal itu diketahui setelah Pemerintah Desa (Pemdes) dan Lembaga Desa, Rasabou, Kecamatan...