Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Mahasiswa KKN STIH Muhammadiyah Bima Gelar Seminar SOP Pelayanan Desa

Mahasiswa KKN STIH Muhammadiyah Bima.

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima posko enam angkatan ke 31 Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, gelar kegiatan seminar hasil pengabdian masyarakat, Kamis (19/8/2021). Tema “Peningkatan kualitas pelayanan publik di desa melalui penyusunan standar pelayanan”.

Ketua Posko KKN, Ade Sofian mengatakan, pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan untuk penuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan aturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang dan jasa.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk wujudkan batas dan hubungan yang jelas antara hak dan kewajiban serta tanggung jawab pemerintah terhadap rakyat yang membutuhkan pelayan dengan baik,” katanya.

Lanjut Ade Sofian, kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu Khaeruddin, SH tersebut,
hasilkan rancangan standar pelayanan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Rancangan Peraturan Desa.

“Bapak Khaeruddin, SH yang bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut sampaikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN STIH Muhammadiyah Bima yang telah bantu Desa Dorokobo dalam menjalankan kewajibannya sebagaimana amanat peraturan Perundang-undangan. selain itu, Kepala Dinas yang juga sebagai pembina desa itu akan dorong Desa-desa lain untuk menyusun Standar pelayanan,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dosen Pembimbing KKN, Rahmat Akkbar, MH mengatakan, standar pelayanan memiliki nilai keharusan yang mendesak sebagai sesuatu yang dapat memberikan petunjuk tentang proses dalam suatu kepemerintahan.

“Maka, baik dan buruknya suatau pelayanan Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa, tergantung dari standar pelayanan yang dilaksanakan,” pungkasnya. ILY

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, selenggarakan kegiatan pentas seni untuk merayakan hari sumpah pemuda. Tema “Pemuda...