Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Mahasiswa KKN-T IPB University Dampingi UMKM Pandai Besi di Bima Dalam Pemasaran Produk

Pelaku pandai besi di Penanae.

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan ke- LV (55) periode Juni-Agustus tahun 2021 di Kelurahan Penanae, Kecamatan Raba, Kota Bima mendampingi UMKM Pandai Besi di kelurahan setempat dalam pemasaran produk.

Pendampingan itu merupakan salah satu Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University. Yakni melakukan revitalisasi dan pemberdayaan pelaku UMKM salah satu Pandai Besi di Kelurahan Penanae, Kecamatan Raba, Kota Bima.

Pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai menimbulkan kompleksitas multidimensi yang dapat dirasakan siapa saja,termasuk pada pelaku UMKM. Agar mampu bertahan dan tetap berkembang di masa pandemi COVID-19 maka memerlukan strategis jitu dalam meningkatkan UMKM yang dijalankan. Hal inipun dilakukan oleh pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Penanae, Kecamatan Raba, Kota Bima, NTB.

Program ini dilaksanakan dengan membantu pelaku UMKM Pandai Besi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk melalui metode Direct Marketing. Pemasaran produk dilakukan oleh mahasiswa KKN-T IPB University kelompok Bimakota01 dengan memberikan katalog, banner, brosur dan pembuatan website bagi pelaku UMKM Pande Besi untuk pemasaran sehingga potensi UMKM Pande Besi di Kelurahan Penanae dapat dikenal secara luas oleh masyarakat baik dalam pulau maupun luar pulau sendiri.

Ketua KKN-T IPB University kelompok Bimakota01, Fitrah Saputra mengatakan kegiatan revitalisasi dan pemberdayaan pelaku UMKM harus ditingkatkan. Tak hanya sekedar melakukan produksi dan memasarkan saja, namun memiliki terobosan dalam sisi penjualan produk.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sebelum melaksanakan kegiatan mahasiswa KKN-T IPB University kelompok Bimakota01 melakukan survei ke lokasi pelaku UMKM Pandai besi, melakukan kegiatan pra pelaksanaan seperti foto produk dan wawancara pada pelaku UMKM tersebut serta melakukan evaluasi dari kegiatan program tersebut.

Sementara itu, Lurah Penanae, Nurhayati SPt, mengapresiasi apa yang dilakukan kelompok Bimakota 01 KKN-T IPB University. Dia berharap program ini mampu menjawab permasalahan UMKM dengan strategi kreatif dan pengembangan pelaku UMKM di Kelurahan Penanae. KAR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Jalan-jalan

KELURAHAN Penana’e, Kecamatan Raba, Kota Bima, sejak zaman dahulu menjadi salah satu sentra Pandai Besi di Bima. Bahkan aktivitas memandai besi masih dilakukan hingga...