Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Siswa SMKN 1 Juara 1 Lomba Kihajar Kemendikbud, Wali Kota Bima Beri Apresiasi

Siswa SMKN 1 Kota Bima saat diterima dikediaman Wali Kota, H Muhammad Lutfi, SE.

Kota Bima, Bimakini.- SMKN 1 Kota Bima unjuk prestasi nasional dalam lomba Kihajar STEM Kemendikbud dengan meloloskan enam siswa berprestasi ke tahapan Final 2021.

Ketua TP PKK Kota Bima, Hj Ellya mengapresiasi prestasi yang diraih tersebut. “Ini prestasi sungguh luar biasa, tak tanggung-tanggung SMK Negeri 1 Kota Bima berhasil mengutus enam orang siswanya yang tergabung dalam dua tim, melangkah ke babak final ajang bergengsi Kemendikbud. Selalu berusaha memberikan yang terbaik dan jangan berpikir juara dulu nanti kecewa, Saya yakin setelah kalian memberikan yang terbaik pasti bisa menjadi juara” kata istri Wali Kota Bima  ini saat menerima siswa dan guru pembina lomba Kihajar, Sabtu (28/8/2021) malam di kediamannya.

Wali Kota H. Muhammad Lutfi, SE di kediamannya menyampaikan dukungan penuh dan berharap pada ajang Kihajar STEM tingkat nasional kali ini, utusan dari Kota Bima mampu meraih hasil terbaik dan mengharumkan nama Kota Bima di pentas nasional.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Bima, Ratnah, S.Pi, M.Pd mengatakan pada 2021 ini, sekolahnya berhasil meloloskan enam siswa terbaik pada ajang Kihajar STEM tingkat nasional. Saat ini sudah masuk pada tahap dua yaitu setelah pada tahap satu melewati dan mengerjakan berbagai tugas lomba. “Seperti soal problem solving seperti dimulai dengan identifikasi masalah, pengembangan alternatif masalah, menentukan alternatif solusi, membuat prototype/simulasi, uji coba simulasi serta melakukan perbaikan yang kemudian  dibuat dalam video yang menarik. Pada tahap ini dua tim SMK Negeri 1 Kota Bima mengambil tema pengelolaan sampah an organik dengan membuat Kursi Stool Minimalis dengan menggunakan sampah botol plastik sementara tim lainnya mengambil tema irigasi pertanian berupa produk Irigasi Sprinkler,” ujarnya.

“Alhamdulillah siswa lomba Kihajar STEM sudah melewati tahap satu tahapan lomba dan sekarang sudah masuk tahap dua di mana siswa kami mendapat tema Kehidupan dan Perekonomian serta tema Sains dan Teknologi. Untuk tema pertama siswa kami mengangkat produk lokal Pangaha Bunga yang dilakukan inovasi dengan menambahkan tepung Parongge sebagai bahan baku selain tepung ketan serta didesain dalam kemasan yang standar hiygenis dan menarik yang harapannya bisa masuk di mall dan mini market di Kota dan Kabupaten Bima serta bisa menjadi oleh-oleh khas Bima. Dengan adanya produk makanan “Pangaha Bunga Kelor” dengan bahan baku kelor yang sehat dan berkhasiat maka memberikan alternatif makanan sehat kepada masyarakat. Sedangkan untuk tema sains dan teknologi siswa kami membuat rancangan pompa semprot pertanian dengan pemanfaatan energi matahari yang diharapkan membantu petani sehingga tidak terbebani biaya bahan bakar bensin/solar karena cukup dengan menggunakan sel surya,”  lanjut Ratnah antusias.

Menurutnya, Kihajar STEM adalah wadah eksplorasi digital bagi siswa seluruh jenjang lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, pendayagunaan TIK, dan pendidikan karakter. Pada babak final Kihajar STEM 2021, peserta SMK Negeri 1 Kota Bima masih akan menjalani satu babak lagi yaitu presentasi. Dia mengatakan keberhasilan siswa-siswi ini tentunya tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, baik dukungan dari pihak sekolah maupun orang tua yang selalu mau bekerja sama untuk kemajuan anak-anaknya dan komunikasi yang baik terjalin antara pihak sekolah dan orang tua.

“Ini semua juga tak lepas dari usaha keras guru pembimbing hebat dari SMK Negeri 1 Kota Bima dari berbagai latar belakang ilmu (Sri Mulyanti, SE, Salwa, SE, Nurul Asih Kurniawati, S.Pi, Heru Sudarnoto, S.Pd, Arif Budiman, S.Kom, Indra Wardhani, S.Pd, Adi Hidayat Argubi, SST.Par, M.Si, Iyan Kurnia, S.Kom serta pembimbing hebat Muhammad Subhan, SPd, M.Pd yang sabar membimbing siswa,” kata dia.

Untuk menghadapi babak final ini, Ratnah juga memohon doa dan dukungan dari kalangan masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima, karena siswa yang ikut lomba tingkat nasional berasal dari Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Semoga anak-anak kita dapat meraih hasil terbaik di tingkat nasional, dan pendidikan di Bima semakin maju, terima kasih kepada Pemkot Bima, Pemkab Bima, KCD Bima dan Kota Bima serta Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB yang telah membantu dan mendukung kami selama ini,” kata Ratnah.  (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMK Negeri 1 Kota Bima terus mengiatkan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dengan berbagai program peningkatan melalui kepala sekolah baru,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini. – Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima mengukir prestasi hebat dan membanggakan pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bima, mewakili NTB untuk lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Sains, Technology, Engineering, and...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Enjoy Lawata event Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima  untuk meningkatkan kunjungan wisata di  Pantai Lawata. Pada kegiatan ini...