Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dinas Damkar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Simulasi mencegah kebakaran.

Kota Bima, Bimakini.- Guna meminimalisir terjadinya kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bima selama tiga hari menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tiga kecamatan.

Selain sosialisasi, tim Dinas Damkar juga sekaligus memberikan edukasi langsung melalui simulasi cara memadamkan api pada masyarakat.

Kepala Dinas Damkar Kota Bima, Didi Fahriansyah mengatakan,  pelaksanaan sosialisasi sudah berjalan tiga hari di tiga kecamatan, yaitu di kecamatan Asakota, Raba dan Rasanae Timur (Rastim).terlebih pada wilayah berada diluar manajemen kebakaran.

Karena keterbatasan anggaran, wilayah yang disasar yaitu yang jarak jangkauan terjauh, seperti di Kecamatan Asakota, Kelurahan Ule dan Kolo. Kemudian Kecamatan Raba, kelurahan ntobo, Nitu dan Kendo.

Sementara di kecamatan Rastim terbayak, Kelurahan Lampe, Kodo, Dodu, Oi Foo dan Lelamase. “Besok kami lanjutkan di kecamatan Mpunda dan Rasanae Barat,” ujar Didi.

Tujuan sosialisasi yaitu dalam rangka Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran melalui sosialisasi masyarakat.  Melalui sosialisasi ini tim memberikan pemahaman pada masyarakat tentang hal-hal kebakaran dan tindakan mencegahnya.

Termasuk kata Didi memberikan edukasi tentang apa saja langkah-langkah bisa dilakukan untuk memadamkan  kebakaran. “Kami juga lakukan simulasi melibatkan masyarakat cara memadamkan api,” ujar Didi.

Simulasi ini dipraktekan langsung, seperti cara memadamkan api menggunakan kain basah sebagai langkah cepat guna mencegah terjadinya kebakaran lebih besar.

Tambah Didi, juga disampaikan  pencegahan yaitu tentang kewaspadaan pada  bahan-bahan yang mudah terbakar, kondisi instalasi kelistrikan, kompor yang memang menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Harapannya, sosialisasi ini dapat memberikan kesadaran pada masyarakat tentang pencegahan kebakaran, karena mencegah lebih baik dan dapat meminimalisir terjadinya musibah kebakaran. (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Bencana kebakaran yang menjadi ancaman warga Bima belakangan ini, terus diantisipasi Polsek Donggo, Polres Bima – NTB. Para personel yang bertugas di pelosok...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran yang terjadi di Ponpes Al Madinah, Desa Kananga, Kabupaten Bima, Ahad (28/8/2022) malam, sekitar pukul 19.40 Wita mengakibatkan kerugian cukup besar....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tiga rumah di Ponpes Al Madinah Kecamatan Bolo hangus dilahap si jago merah, Ahad (28/8/2022), sekitar pukul 19.40 Wita. Akibat kejadian tersebut...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran melanda pertokoan di Desa Tente, Kec. Woha, Kabupaten Bima pada hari Minggu (24/7) pukul 18.30 Wita. Sebanyak 15 gardu yang melistriki...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Tim Tanggap darurat PLN UP3 bima, UPK Tambora serta seluruh pegawai melaksanakan Kegiatan Simulasi Kebakaran di Gudang Distribusi Niu dengan menggandeng...