Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

DPD dan Fraksi PAN Somasi dan Minta Bupati Copot Dirut PDAM  Bima

Ketua DPD PAN Kabupaten Bima Ady Mahyudi

Bima, Bimakini.- Surat Direktur (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima H Haeruddin, MT kepada Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima beredar di media sosial. Surat itu ditujukan Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Bima, Dapil 3, Rafidin, SSos,  direspon partai berlambang matahari.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bima Ady Mahyudi mengatakan, sikap tanpa dasar dan aturan yang jelas dilakukan oleh Dirut PDAM Bima akan diberikan surat somasi dan surat permintaan kepada Bupati Bima untuk memecat Haeruddin sebagai Dirut PDAM Bima. Hal itu sebagai sikap PAN untuk membela dan menjaga warwah kadernya.

“Sebagai Ketua Partai, saya merasa tidak nyaman dengan ulah Haeruddin. Bahkan ulahnya dituding sebagai upaya merusak marwah dan elektablitas PAN yang saat ini terus melejit,” katanya.

Ady menegaskan, jika surat somasi yang dilayangkan nantinya tidak diindahkan dengan cara Haeruddin meminta maaf secara terbuka, PAN akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan Haeruddin ke Aparat Penegak Hukum, baik secara pidana dan perdata.

“Sementara motif dibalik pengangkatan Heruddin sebagai Dirut PDAM, umurnya sudah melebihi ketentuan aturan dan patut dipertanyakan. Maka kami mendesak Haeruddin dicopot karena usianya sudah lebih 60 tahun dan dinilai melabrak aturan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Muhammad Aminurlah SE, Rafidin SSos, H Adlan SPd, Muhammad Natsir SSos, H Sirajudin dan Kurniawan dari fraksi PAN DPRD Kabupaten Bima, keluarkan surat dengan perihal permohonan pencopotan atau pergantian Direktur PDAM yang tertuju kepada Bupati Bima.

“Melalui ini kami fraksi PAN DPRD Kabupaten Bima menyampaikan surat kepada Bupati Bima untuk ditindaklanjuti dengan dasar Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2017 Pasal 57 huruf A tentang badan usaha milik daerah dapat diangkat sebagai anggota Direktur, yang bersangkutan harus memenuhi syarat paling rendah umur 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun Pada Saat mendaftar pertama kali dan serta pertimbangan aturan lainnya,” kata Rafidin Kamis (17/9/2021).

Dengan dasar aturan tersebut lanjut Rafidin yang juga sebagai Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bima, H Haeruddin, MT sudah memenuhi syarat dan cukup alasan bagi Bupati Bima sebagai Kepala Daerah untuk ambil sikap mencopot atau berhentikan dari jabatannya.

“Berdasarkan surat masuk dari Direktur PDAM Kabupaten Bima tertanggal 20 Agustus 2001 dengan nomor 113/PDAM-BM/VII/2001 perihal Laporan ditujukan kepada Ketua BK DPRD Kabupaten Bima yang tembusannya disampaikan kepada Ketua DPD PAN Kabupaten Bima, Ketua DPW PAN NTB di Mataram, dan Ketua Umum DPP PAN RI di Jakarta, tindakannya berakibat buruk,” imbuhnya.

Sikap Direktur PDAM Kabupaten Bima tambahnya, dapat menciptakan ketidak harmonisan hubungan lembaga legislatif dengan lembaga eksekutif terutama fraksi PAN yang selama ini hubungan kedua lembaga tersebut cukup harmonis dalam hal memelihara kontribusi Pembangunan Daerah Kabupaten Bima.

“Disamping itu, tindakan H Haeruddin, MT tersebut kami menilai sudah diluar batas kewenangannya sebagai Direktur Perusahaan Daerah. Kuat dugaan kami dalam tindakan itu, semata-mata bertujuan untuk merusak dan menjatuhkan marwah sebuah partai politik khususnya di Kabupaten Bima,” tutupnya. ILY

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) sudah resmi menetapkan Feri Sofiyan, SH sebagai Ketua Formatur sekaligus Ketua Dewan Pimpinan...

Politik

Bima, Bimakini.- Peta politik menjelang Pemilukada Kabupaten Bima tahun 2020 mendatang kian seksi dan menarik saja. Kamis (7/11), Pasangan Suami Istri (Pasutri) politisi dari...

Politik

Bima, Bimakini.- Hiruk-pikuk jelang Pemilukada Kabupaten Bima membuat para partai mulai sibuk memasang “kuda-kuda”. Terlebih sejumlah partai besar seperti halnya Partai Amanat Nasional (PAN)...

Politik

Bima, Bimakini.- Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) NTB menggelae road show di seluruh wilayah NTB. Silaturrahmi diawali di Bima baik Kota pun...