Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Luncurkan  Program Macia, Rumah Cita Desain Pendidikan Alternatif Bagi Anak-Anak di Karumbu

Peluncuran Program Mecia Rumah Cita di Karumbu, Ahad.

Bima, Bimakini.- Rumah Cita meluncurkan Program Merayakan Ahad Ceria (Mecia). Program ini sebagai desain pendidikan alternatif bagi anak-anak di Karumbu, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima. Peluncuran dilakukan, Ahad (19/9/2021) di SMPN 1 Langgudu.

Direktur Rumah Cita, Muhamad Yunus memaparkan ide dasar program Macia kepada seluruh peserta dan fasilitator di  SMPN 1 Langgudu. Program Macia dirancang bersama anak-anak di perkampungan karumbu.

Selain itu, Yunus mengenalkan tentang program officer, fasilitator dan peserta program Macia. Proses pengenalan dilakukan dalam desain belajar dan bermain bersama.

Yunus menerangkan, Program Macia diandaikan sebagai institusi pembelajaran ramah anak. “Sehingga anak-anak dapat belajar bersama, bermain bersama dan berkarya sama-sama dalam balutan hubungan persaudaraan yang penuh cinta, kasih sayang, rasa nyaman, bahagia dan ceria,” ujarnya, Senin.

Kata dia, Program Macia akan dilaksanakan selama tiga bulan. Ini sebagai arena pembelajaran alternatif anak dalam membangun dan menguatkan adab-karakter anak. “Menyiapkan anak-anak agar memiliki wawasan yang luas, berpikiran lapang dan terbuka, kreatif dan inovatif, cakap bicara, toleran, cinta budaya, cinta damai, cinta kampung halamannya dan memiliki kesanggupan memuliakan tokoh-tokoh di desanya serta memiliki bekal kepemimpinan dan kepeloporan dalam berbagai bidang kehidupan sesuai bakat dan minatnya anak-anak,” lanjutnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Program ini menyasar anak-anak dibasis perkampungan, baik yang sekolah ditingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun belum atau tidak mengenyam pendidikan formal.

Program officer Mecia Zaid Aqil Al-Munawar, alumni SMAN 1 Langgudu 2018. Sementara fasilitator program Macia alumni Latihan Dasar Kepemimpinan Pelajar (LDKP) OSIS SMAN 1 Langgudu tahun 2021.

Hajatan program Macia mendapat respon baik dari pelajar SMAN 1 Langgudu, angkatan LDKP ke-X yang kini dikenal juga dengan Alumni Nggusuwaru.  Mereka yang menadi fasilitator program macia, antara lain Khalifaturrahmah, Erna Rahmawati, Linda Agustina, Haqikatul Hayati, Rizki Amalia Putri, Fitrah Geofara, Nurul Niskah, Annis Safitri, Syamsul Hidayat dan Muhammad Faisal. Mereka semua adalah pelajar yang saat ini masih kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 1 Langgudu.

“Muatan pembelajaran dalam program macia seputar isu anak dalam hubungan dengan berbagai dimensi kehidupannya. Proses pembelajaran dan pembangunan adab, kecerdasan dan kreatifitas anak, dan akan ditunjang pula dengan ragam jenis permainan anak, medongeng, menyanyi, menggambar, nonton video atau film, dan beberapa hal lain,” terang Yunus.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata dia, anak-anak juga akan bejalar bersama memahami dirinya sendiri, perbedaan laki-laki dan perempuan, berpikir kritis, cerdas dan bijak berinternet, nilai-nilai perdamian, toleransi, kolaborasi, budaya lokal Bima. Selain itu tentang  kesehatan anak, hak-hak anak, pangan dan kuliner lokal, mengenal desa, temu tokoh, cakap berbicara dan mendengar aktif, literasi anak dan menyusun rencana masa depannya. (BE04)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Peran pemantau Pemilu dalam suksesnya Pemilu Serentak 2024 sangat penting. Ini untuk menjamin, proses pemilihan yang akan berlangsung Rabu 14 Februari 2024...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Rumah Cita dan Bima Bagus menyelenggarakan kegiatan diskusi publik refleksi hari sumpah pemuda dengan tema “Pemuda, Radikalisme, Aktor Perdamaian dan Motor...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, mengajak untuk menjaga  kebersamaan dan  persatuan bangsa pas-Pemilu 2019. Hal itu disampaikan Staf Ahli Wali Kota Bima,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rumah Cita, akan menggelar dialog Kebangsaan dan Keummatan untuk Indonesia Maju, Senin (22/7) di aula SMKN 3 Kota Bima. Kegiatan itu akan...

Opini

Oleh : Muhamad Yunus A Jalan untuk meniti harapan perbaikan masa depan masyarakat, daerah, bangsa dan negara, salah satunya melalui pemilu atau pilkada. Hal...