Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Tidak Penuhi Hak Karyawan, PDAM Bima Terancam Dipailitkan

Edi Sofyan Gole

Kota Bima, Bimakini.-  Jika tidak penuhi hak dan tuntutan karyawan atas gaji 29 bulan belum dibayarkan, Perusahaan Plat merah milik Pemerintah Kabupaten Bima yaitu  PDAM Bima bisa saja dibawa ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan dipailitkan.

PDAM Bima sendiri berdasarkan laporan masuk ke Badan Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi NTB tidak pernah memenuhi kewajiban memberikan gaji pada 112 karyawanya selama hampir tiga tahun.

Kepala Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi NTB, Edi Sofyan Gole kepada Bimakini.com,  mengatakan,  jika tidak ada solusi bisa saja mereka  minta dipailitkan, berarti kedepan PDAM tak ada lagi peluang bisnis. Ini juga jadi preseden buruk bagi pemerintah daerah, apalagi menyangkut hajat hidup orang banyak.

Karena, kata dia, jika ssampai dipailitkan maka akan ada pihak swasta yang mengelola Sumber Daya Alam. “Tentunya konsekuensi itu terjadi kalau tidak ada solusi dari pemerintah daerah, karena akan dibawa  ke PHI. Apa putusan nanti kita lihat,” tegasnya usai hadiri pertemuan di kantor Disnakertran Kabupaten Bima, Selasa (14/9).

Kata dia, pihaknya habya memfasilitasi,  jangan sampai PDAM dan pemerintah daerah salah langkah, maka diberi masukan. Jika tidak cepat diselesaikan dan dicarikan solusinya maka dampak dan konsekuensinya berat. “Makanya kami mau mereka berunding lagi, PDAM diharapkan dapat manfaatkan usaha dan SDMnya bagi hajat hidup orang bayak.  Kita kawal dan berharap dan teman-teman PDAM dan pemerintah menerima dan negosiasi  bisa dilakukan dengan niat baiknya makanya kami kawal ini,” tegas Edi Sofyan. (BE06)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Bahas gaji 28 bulan yang hingga kini belum dibayarkan oleh BUMD PDAM Bima, dilakukan mediasi terakhir di Kantor Dinas Tenaga Kerja...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Krisis air bersih masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat Kota Bima. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau. Distribusi air bersih...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Aksi menuntut pembayaran gaji oleh karyawan PDAM Bima pekan lalu malah berbuntut dikepolisian. Mereka dilaporkan oleh Direktur Perusahaan Daerah milik Pemkab...