Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tiga Desa di Bolo Belum Melaksanakan Pelatihan SDGs

Atis Ika Ernawati, SH, Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Bolo.

Bima, Bimakini.- Semua desa yang ada di Kecamatan Bolo, Bima gencar melaksanakan pelatihan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun anggaran 2021. Namun, ada tiga desa yang belum melakukan hal itu yakni Desa Darussalam, Sondosia dan Sanolo.

“Berdasarkan data yang dirangkum, Desa Darussalam, Sondosia dan Sanolo belum melaksanakan pelatihan SDGs,” ujar Atis Ika Ernawati, SH, Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Bolo, Ahad (19/9/2021).

Kata Atis sapaannya, sementara desa yang sudah melakukan pendataan SDGs melalui Aplikasi SDGs. Yakni Desa Tambe progres 50 persen, Rasabou Progres 90 persen, Kara Progres 9  persen, Leu progres 50  persen.

“Selain itu, desa yang sedang melakukan pendataan yakni Desa Tumpu, Bontokape, Timu, Kananga dan lainnya,” tuturnya.

Dijelaskannya, SDGs adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli pendidikan, ramah perempuan, berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Semua program tersebut merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021,” terangnya.

Dia  berharap, tiga desa yang belum melaksanakan pelatihan SDGs segera melakukannya. Sehingga harapan pemerintah di atas dapat terwujud.

“Semoga Desa Sanolo, Darusalam dan Sondosia segera melaksanakan pelatihan SDGs,” pinta Atis. KAR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait