Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Anggaran Sudah Lama Cair, BPD dan Warga Timu Desak Pemdes Kerjakan Jalan Tani

BPD Dusun Bugis Desa Timu, Ramli

Bima, Bimakini.- Anggaran untuk item kegiatan pembukaan jalan tani di Hidi Rasa, Dusun Bugis Desa Timu, Kecamatan Bolo, Bima sudah lama dicairkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Namun realisasi pengerjaan item kegiatan tersebut tidak dilaksanakan, sedangkan sebagian bahan material sudah ada di lokasi.

“Kita mendesak Pemdes Timu segera kerjakan item kegiatan pembukaan jalan tani. Karena kita mengetahui anggarannya sudah lama dicairkan,” ujar BPD Dusun Bugis Desa Timu, Ramli, Selasa (12/10).

Kata Ramli, terkait hal itu beberapa waktu lalu dirinya datang ke kantor desa untuk menanyakan kapan kegiatan tersebut dikerjakan. Karena sebagian bahan material yang ada di lokasi sudah berantakan diinjak hewan ternak.
“Pasir yang disimpan di lokasi sudah berantakan akibat diinjak hewan ternak. Setelah itu datang ke kantor desa untuk bertemu Kades, namun beliau tidak ada di ruangannya. Saat itu jawaban staf lainnya, terkait kegiatan itu menunggu perintah Kades saja,” terangnya.

Dirinya menyayangkan sikap Pemdes Timu terkait kegiatan tersebut, karena setahunya anggaran tahap II sudah lama dicairkan. Tapi kegiatan pembukaan jalan tani tidak dilaksanakan tanpa ada alasan yang jelas.
“Kalau memang kegiatan tersebut tidak dilaksanakan, lalu anggarannya dibawa ke mana,” herannya.

Tak hanya itu, dirinya sangat kecewa dengan sikap Pemdes yang tidak efektif melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat Kemendes dan tidak sesuai dengan azas pengelolaan keuangan desa (Permendagri No 20 thn 2018) bahwa keuangan desa dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.
“Pemdes Timu tidak efektif melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat Kemendes. Dan diduga tidak transparan dalam mengelola dana desa,” tuturnya.

Sebelumnya Tokoh Masyarakat (Toma) setempat, Iskandar M Ali datang ke kantor desa untuk mendesak pelaksanaan kegiatan tersebut. Saat itu Kades berjanji akan mengerjakan secepatnya, namun hingga saat ini progres kegiatan belum ada.
“Karena desakan saat itu Pemdes membawa material di lokasi, tapi tidak melaksanakan kegiatan. Sehingga bahan material diinjak hewan ternak dan berantakan di sekitar lokasi kegiatan,” jelas Dae Ju sapaannya.

Dirinya mengancam Pemdes Timu dalam waktu dekat akan melakukan pergerakan, jika kegiatan pembukaan jalan tani tidak segera dilaksanakan.
“Kalau dalam waktu dekat ini kegiatan belum dilaksanakan, maka masyarakat setempat akan melakukan aksi demo di kantor desa,” ancamnya.

Sementara itu, Kades Timu yang hendak diwawancara terkait masalah tersebut tidak ada di ruangannya. Dihubungi lewat selulernya tidak ada jawaban. KAR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Timu, Kecamatan Bolo, Bima, Fikri Amd menyampaikan kegiatan pembukaan tani di Dusun Bugis akan dikerjakan pekan depan. Bahkan sebutnya,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pekerjaan proyek rehabilitasi irigasi Bontokape di Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB disorot. Pasalnya, proyek dengan anggaran senilai Rp 3,4 Miliar dari...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Leu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Muhammad Taufik, SAg memimpin gotong royong perbaikan jalan ekonomi desa, tepatnya di So Rasantoi...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Pengerjaan jalan tani di Desa Madawau Kecamatan Madapangga senilai Rp 116 juta yang dilaksanakan baru – baru ini oleh Pemerintah Desa (Pemdes)...