Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Anggota DPR RI – Wali Kota Bima, Sertifikat Tanah Di Kelurahan Kolo

Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin, ST, MM saat menyerahkan sertifikat Program TORA di Kelurahan Kolo, Ahad.

Kota Bima, Bimakini.- Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin, ST, MM dan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, menyerahkan sertifikat tanah dari program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA). Penyerahan dilakukan secara simbolis  kepada sejumlah warga di Kelurahan Kolo, Minggu 17 Oktober 2021.

Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin menyampaikan, bahwa TORA adalah program pemerintah yang mengalihkan status tanah dari kawasan hutan menjadi milik masyarakat. Program ini sudah cukup lama, namun prosesnya panjang karena harus melalui verifikasi faktual dan dipastikan hasilnya aktual. Prosesnya dimulai dari pemerintah paling bawah,  hingga ke pusat. “Semoga apa yang dilakukan pemerintah selama ini, dapat bermanfaat untuk masyarakat di selutuh Indonesia, khususnya di Bima dan Pulau Sumbawa,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE  mengatakan, melalui program TORA, masyarakat di Kelurahan Kolo diberikan sertifikat  yang selama ini menjadi kawasan tutupan.  Karena di lokasi lahan itu juga sudah ada fasilitas umum, seperti layanan kesehatan, sekolah dan lainnya.

“Pemerintah mendorong agar kawasan  hutan itu diberikan kepada masyarakat. Ini sudah kami usulkan sejak 2019 dan baru diserahkan tahun 2021,” ungkapnya.

Wali Kota mengingatkan,  agar warga yang sudah mendapatkan sertifikat untuk tidak merambah lagi kawasan hutan. Karena tidak akan ada lagi program yang sama di tahun berikutnya. “Ini hanya kesempatan sekali, untuk itu dimanfaatkan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Jaidin, warga Kelurahan Kolo penerima sertifikat menyampaikan terimakasih kepada pemerintah, Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin, ST, MM, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, BPN Kota Bima. Disampaikannya, program sertifikat ini telah menjadi penantian panjang masyarakat selama puluhan tahun. “Kami sangat bersyukur dengan adanya sertifikat ini. Ini merupakan kebahagiaan yang sulit digambarkan,” ujarnya. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mencanangkan Pekan Penanaman dan Reboisasi hutan di Kota Bima. Pencanangan dilakukan di areal Perhutanan...

Berita

Bima, Bimakini.- Pembagian harta warisan tanah seluas 913 meter persegi milik St Nurjanah H Ishaq kepada ahli warisnya Syaiful Alam, SE dan adik-adiknya menuai...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Anggota Komisi IV DPR RI, H Muhammad Syafruddin, ST, MM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan bagi Nelayan di Kelurahan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Barat 1 dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H...