Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

HMS, Anggota DPR RI Buka Pelatihan Budidaya Rumput Laut di Desa Laju

Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin saat membuka pelatihan budidaya rumput laut di Desa Laju.

Bima, Bimakini.- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Barat 1 dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H Muhammad Syafrudin, ST, MM (HMS) membuka pelatihan budidaya laut di Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.

HMS mengatakan, potensi rumput laut yang ada di Desa Laju perlu ditingkatkan. Melalui pelatihan yang dilaksanakan hari ini, diharapkan para petani bisa panen lebih banyak dari sebelumnya.

“Dengan materi yang diterima, mudah-mudahan bisa dipraktekkan sehingga para petani ke depannya bisa panen lebih banyak,” katanya, Ahad (17/10/2021).

Pada pelatihan yang berlangsung di Balai Latihan Kerja Komunitas Yayasan Pondok Pesantren Al-Fatahu Desa Laju itu, H Syafrudin akan berupaya untuk lebih meningkatkan potensi rumput laut di Desa Laju.

“Mungkin untuk ke depannya, akan dilakukan pelatihan pengolahan rumput laut mentah ke bahan jadi atau setengah jadi seperti yang ada di Dompu. Hal itu perlu dilakukan, karena rumput laut di Desa Laju merupakan kualitas terbaik nomor satu diseluruh Indonesia dan nomor dua dari Negara Vietnam,” ungkapnya.

Selain itu sambung anggota DPR RI Komisi 4 yang biasa disapa Rudhy Mbozo itu, masyarakat juga bisa perbesar usahanya melalui pinjaman uang di Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP).

“Seperti yang dilakukan oleh kelompok tani Nusa garam di Desa Melayu Kecamatan Lambu dengan jumlah pinjaman Rp.600 juta untuk 12 orang, kelompok nelayan Usaha Baru di Desa Rompo Kecamatan Langgudu sebanyak Rp.500 juta untuk 8 orang, dan pelaku usaha Amrin di Desa Bugis Kecamatan Sape sebanyak Rp.250 juta. Sementara pembayaran hanya 2,5 persen perbulan dan 3 persen pertahun,” terangnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima melalui Kabid Perikanan Budidaya, M Yuhaidin, SPi mengatakan, budidaya rumput laut di Desa Laju perlu ditingkatkan. Hal itu harus dilakukan karena Desa Laju merupakan penghasil rumput laut terbaik di Kabupaten Bima.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Kades Laju, Ketua BLK Yayasan Pondok Pesantren Al-Fatahu Desa Laju, KUPT Kelautan dan Perikanan Kecamatan Langgudu, penyuluh Kelautan dan Perikanan Desa Laju Doro O’o dan Waworada, Koordinator Kabupaten Pertanian, pihak BLU LPMUKP Kabupaten dan sejumlah pejabat maupun rombongan H Syafrudin.

Sementara materi pelatihan diisi oleh utusan dari Balai Pelatihan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Banyuwangi, Ir Sumartin, MP dan Ir Sri Astutik. Nurul Komariyah, SPi sebagai administrator yang bertugas rekapitulasi data peserta berdasarkan e-KTP. Peserta pelatihan sebanyak 38 orang. ILY

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Anggota Komisi IV DPR RI, H Muhammad Syafruddin, ST, MM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan bagi Nelayan di Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin, ST, MM dan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, menyerahkan sertifikat tanah dari program...

Peristiwa

Sumbawa, Bimakini.- Menjadi Pahlawan di zaman kemerdekaan saat ini, tentu tak harus dengan mengangkat senjata menghadapi dan mengusir penjajah. Tapi, bagaimana seorang anak bangsa...

Peristiwa

Sumbawa, Bimakini.- Desforestasi, kerusakan hutan akibat pembalakan liar dan alih fungsi lahan, dinilai sebagai biang keladi masalah kekeringan yang terjadi di Pulau Sumbawa dan...