Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

N Marewo  Jadi Guru Tamu Program Keahlian UPW SMKN 1 Kota Bima

Suasana saat kegiatan Program Guru Tamu di SMKN 1 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- SMK Negeri 1 Kota Bima terus mengiatkan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dengan berbagai program peningkatan melalui kepala sekolah baru, salah satunya melalui program guru tamu. Guru tamu adalah program pembelajaran di mana para siswa akan diajar oleh instruktur yang berasal dari luar instansi sekolah misalnya dari DU/DI. Manfaat program ini antara lain: Memberikan penyegaran bagi para siswa karena dibimbing langsung oleh praktisi yang profesional.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Bima, Ratnah, S.Pi, M.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan program sekolah yang rutin setiap semester, ada kalanya manusia berada pada suatu titik kejenuhan. Begitu pula yang dialami oleh para peserta didik di sekolah. Titik kejenuhan ini dapat menghambat proses penerimaan materi pelajaran yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru. Oleh karena itu, diperlukan pergantian suasana baru, salah satunya dengan mengadakan guru tamu.

“Jadi ini program sekolah dengan mendatangkan guru tamu baik dari praktisi maupun industri untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Program ini memberikan penyegaran bagi para siswa karena dibimbing langsung oleh praktisi yang profesional. Siswa mendapatkan pendalaman materi yang up to date baik teorinya maupun praktiknya. Saat ini Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata yang menyelenggarakan dan akan diikuti oleh program keahlian lainnya ” ujarnya, Kamis, 7 Oktober 2021. Dan kali ini, tambahnya menghadirkan N. Marewo praktisi pariwisata untuk berbagi ilmu bagaimana menjadi seorang pemandu profesional.

“Guru tamu yang kami undang adalah seorang praktisi di bidang pariwisata dan juga pakar budaya yang memiliki pengalaman panjang dan luar biasa sebagai pemandu wisata profesional. Jadi kami sangat berharap pengalaman yang beliau miliki dapat ditransfer ke peserta didik khususnya di Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata,” tegasnya.

Senada dengan itu dikatakan Usman, S.Pd., selaku Ketua Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 1 Kota Bima, mengatakan sangat bangga dengan program rutin sekolah setiap semester ini karena membuat peserta didik semangat dan antusias.

“Para siswa sangat antusias mengikuti setiap kegiatan Guru Tamu. Hal ini terlihat ketika sesi tanya jawab mereka dengan semangat menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami dalam bidang pariwisata sesuai kompetensi keahlian yang dimiliki. Ditambah lagi dengan pendekatan narasumber yang komunikatif sehingga siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari narasumber. Kami di UPW memprogramkan 5 (lima) kali guru tamu datang untuk berbagi dengan peserta didik dalam satu semester. ,” jelasnya penuh semangat. Kehadiran praktisi N. Marewo juga kami harapkan dapat sekaligus menilai dan memberikan evaluasi terhadap kesiapan siswa kami yang akan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) pada tingkat nasional ttahun 2021 tambahnya.

Sementara itu N. Marewo sebagai guru tamu, mengatakan dalam guru tamu kali ini, dirinya mengajarkan peserta didik bagaimana menjadi seorang pemandu wisata profesional.

“Menjadi seorang pemandu itu menyenangkan karena kita menjadi banyak tahu dan kaya pengetahuan. Menjadi pemandu wisata yang baik minimal kita harus memiliki kemampuan komunikasi yang Baik, luwes, beretika dan ramah, memiliki kemampuan bahasa asing dan bahasa lokal yang baik, memiliki pengetahuan, sejarah dan wawasan yang luas serta rasa humor dan improvisasi, serta kemampuan mengingat, membaca peta dan menguasai medan. Menjadi seorang tour guide adalah pekerjaan yang harus memiliki integritas, karena baik buruknya perjalanan yang dinilai wisatawan,” ujarnya.

N Marewo juga mengatakan sangat mengapresiasi program sekolah dengan mendatangkan guru tamu karena belajar sebenarnya bukan hanya dalam konteks study tetapi juga learn. Peserta didik harus dikenalkan langsung pada dunia yang akan digelutinya bukan hanya teori.

“SMK 1 Kota Bima luar biasa mengadakan program guru tamu dengan mengundang praktisi yang berpengalaman dibidangnya sehingga peserta didik dapat belajar langsung dengan ahlinya, ” tukas N. Marewo. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini. – Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima mengukir prestasi hebat dan membanggakan pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMKN 1 Kota Bima unjuk prestasi nasional dalam lomba Kihajar STEM Kemendikbud dengan meloloskan enam siswa berprestasi ke tahapan Final 2021....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bima, mewakili NTB untuk lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Sains, Technology, Engineering, and...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Enjoy Lawata event Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima  untuk meningkatkan kunjungan wisata di  Pantai Lawata. Pada kegiatan ini...