Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

SKIPM Gelar Donor Darah di Tengah Pandemi

Kegiatan donor darah.

Bima, Bimakini.-Untuk memeringati hari jadi Kementrian kelautan dan perikanan (KKP) yang ke-22, Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bima, menyelenggarakan kegiatan donor darah di aula kantor setempat.

Kegiatan donor darah ini sengaja dipilih berhubung di tengah status Pandemi Covid-19 yang melanda secara global, terlebih di Indonesia yang hingga kini masih terus menerapkan PPKM.

Kepala SKIPM Bima, Ridwan, S.St.Pi mengatakan, donor darah ini digelar secara serentak di seluruh Cabang Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) se-Indonesia. Tidak ketinggalan juga pihaknya yang digelar Sabtu (23/10) lalu, halaman Kantor nya tepat di depan Bandar Udara Sultan M Salahuddin Bima, Sabtu (23/10).

Untuk mempelancar kegiatan ini lanjutnya, pihaknya langsung menggandeng Ketua UTD (Unit Transfusi Darah) RSU Bima, dr. H Sucipto beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bima.

“Sekaligus kita pilih juga dikarenakan bertepatan dengan hari libur. Alhamdulillah kita mampu mendapatkan darah 20 kantong, andai tidak hari libur akan banyak lagi,” ujarnya.

Darah tersebut urainya, selanjutnya diserahkan ke pihak PMI Bima untuk di salurkan Kepada rumah sakit – rumah sakit yang membutuhkan. Terlebih di tengah Pandemi Covid-19, yang sangat dibutuhkan berbagai kalangan dan kepentingan.

“Salah satu tujuan dalam rangka memperingati Ulang Tahun KKP yang ke-22, paling tidak kami sudah memberi dan melakukan kegiatan sosial untuk masyarakat, karena setetes darah itu sangat berarti bagi yang membutuhkan,” tukas Ridwan.

Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini lanjutnya, untuk melakukan pendonoran darah juga harus sesuai prokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Satgas Covid-19 Nasional.

Yakni paparnya, tetap menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter serta peserta atau panitia harus rajin mencuci tangan dengan baik dan benar.

Selain donor darah, SKIPM Bima juga katanya akan melakukakan kegiatan lain untuk merayakan hari jadi KKP yang ke-22. Yakni Ekspor Raya serentak Seluruh Indonesia pada periode 19 – 25 Oktober dan penanaman mangrove di wilayah Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, pada tanggal 24 Oktober 2021.

“Harapan kami, semoga KKP tetap Maju, KKP tetap memberikan sumbangsih yang besar, sehingga terjadi “Blue Ekonomi” dan di tengah Pandemi Covid-19 saat ini,” tutup Ridwan.

Salah satu peserta donor darah, Arman mengaku, merasa lega akhirnya bisa mendonorkan darahnya nyaris selama tiga tahun belakangan ini. Terlebih ketika status Pandemi melanda dunia dan Indonesia.

“Semoga darah kami ini dapat bermamfaat bagi orang yang benar-benar membutuhkannya. Apalagi saat musim Covid begini,” tukasnya dengan raut lemah usai menjalani donor darah.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme karyawan serta masyarakat sekitar. Kegiatan berlangsung sesuai dengan Prokes Covid-19. IKR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Kota Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Bima Kota Polda NTB menggelar kegiatan bakti kesehatan donor...

Olahraga & Kesehatan

Dompu, Bimakini. – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Dompu bersama Komunitas Dompu Berbagi menggelar aksi donor darah di taman Kota Dompu, Sabtu (17/09/2022) pagi....

Olahraga & Kesehatan

Dompu, Bimakini. – Guna memperingati Hari Bhayangkara ke – 76 tahun, Polres Dompu Polda NTB menggelar bakti sosial donor darah bertajuk “Polri yang presisi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Menyambut hari jadi Kepolisian Republik Indonesia yang di peringati saban 1 Juli atau HUT Bhayangkara Ke-76, Kepolisian Resort Bima Polda NTB melakukan berbagai...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- DPD PDI Perjuangan NTB bakal mengerahkan para kader dan simpatisan partai untuk berpatisipasi menyukseskan donor darah yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI)...