Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Diduga  Jual Benih Palsu, Ijin Operasional Toko BLD Diminta Dicabut

Benih jagung yang diduga palsu.

Bima, Bimakini.- Diduga toko BLD yang berlokasi di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, kabupaten Bima NTB menjual benih jagung palsu. Antara lain benih jagung palsu tersebut varietas NK 7328, NK Perkasa, Bisi-18 dan lainnya. Terkuaknya benih jagung palsu tersebut diketahui setelah para petani ramai – ramai mengembalikan benih jagung yang dibeli di toko tersebut.

LSM Kompak NTB mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan unsur terkait supaya turun tangan untuk melakukan infestigasi di lapangan. “Diduga toko BLD telah menjual benih jagung palsu, pemerintah dan unsur terkait harus menyikapi demi kesejahteraan petani,” ujar LSM Kompak NTB, Azwar Anas, Rabu (17/11).

Kata Azwar Anas, pemerintah tidak boleh diam dengan mencuatnya dugaan penjualan benih jagung palsu yang dilakukan Toko BLD. Apalagi informasi tersebut sempat membuat gaduh para petani, hingga mereka mengembalikan benih jagung yang dibeli di toko tersebut.

“Jangan sampai masalah ini berlarut hingga berpolemik, karena tidak menutup kemungkinan terjadinya instabilitas wilayah,” tutur Anas.

Senada dengan Azwar Anas, anggota LSM Kompak NTB, Ahmad Dahlan meminta pemerintah dan institusi kepolisian supaya menyikapi dugaan informasi penjual benih jagung palsu oleh Toko BLD.

“Jika memang toko tersebut terbukti menjual benih jagung palsu, maka pemerintah dan unsur berkompeten wajib mencabut ijin operasional toko tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan infestigasi di lapangan, sebut Ahmad Dahlan, hampir seratus petani di berbagai kecamatan mengembalikan benih jagung di toko BLD karena diduga palsu. Salah satu bukti kekuatiran petani yakni terjadi ketimpangan pada barcode, di mana benih jagung yang dikembalikan para petani menggunakan barcode tempel, padahal idealnya harus menggunakan barcode cap pada kemasan.

“Khusus benih jagung varietas NK Perkasa, petani mengaku biji jagung gampang pecah atau hancur ketika dipencet. Sedangkan benih jagung NK Perkasa yang asli tidak gampang rusak walau pun ditekan sekuat tenaga,” bebernya.

Tenaga Pendamping NK 7328, Irwan mengatakan, sebagai tim di bawah tidak berkomentar banyak, sembari menunggu perintah atasan. Cuma saya klarifikasi sedikit terkait issue ini, kami lagi mendalami dan terus bersosialisasi di tiap desa dan lebih – lebih di dua toko yang disebutkan menjual benih jagung bermasalah itu.

“Saya tidak mau berbicara banyak sebelum ada perintah atasan. Saat ini sedang menyikapi masalah yang muncul di tengah – tengah masyarakat,” sebutnya.

Sementara pemilik toko BLD, Muhtar mengaku sudah menerima pengembalian benih jagung yang diduga palsu dari petani. Saat itu juga petani langsung menerima uang pengembalian. “Iya banyak petani kembalikan benih jagung dan saya sudah kasih uangnya,” urainya.

Terkait rencana demo yang dilakukan oleh teman aktivis, sebenarnya keliru. Karena petugas maupun pendamping perusahaan benih jagung sudah memberikan klarifikasi seluas – luasnya.

“Kan sudah dijawab semua oleh petani soal dugaan palsu dan itu tidak benar. Lalu mau demo apalagi,” tutupnya.  KAR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini. – Sebelumnya diberitakan sejumlah petani di Desa Rade, Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, membakar benih jagung varietas Bioseed, Jum’at (10/12), karena benih jagung...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Beredar bibit jagung merah merek NK6172 Perkasa di Wilayah Kecamatan Donggo dan Soromandi, diduga palsu. Pasalnya, Barcode yang tertempel di kemasan tidak...

Ekonomi

Bima, Bimakini. – Sejumlah petani di Desa Rade, Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, membakar benih jagung varietas Bioseed, Jum’at (10/12). Hal itu dilakukan petani sebagai...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Jika terbukti toko BLD jual benih jagung palsu, Komisi II DPRD Kabupaten Bima akan merekomendasikan cabut ijin operasional penjualan benih jagung toko...