Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Media Sosial dan Komunikasi Bisnis yang Mempengaruhi Perkembangan Bisnis Online

Oleh : Fairuz Jaudah Nabila

Dunia bisnis online merupakan kegiatan yang memiliki hubungan dengan bidang teknologi informasi sehingga memberikan pengaruh yang sangat intens di dalamnya. Di Indonesia sendiri bisnis online pun marak menjadi topik hangat di kalangan masyarakat bahkan  berkembang dengan pesat. Salah satu contoh yang dapat diambil yaitu toko butik yang sudah terbentuk secara nyata, di mana kita dapat berkunjung secara langsung dan bisa memilih barang-barang yang diinginkan, namun hal ini bisa diubah ke cara yang efektif dan efisien di mana kita hanya membuka halaman website kemudian bisa langsung melihat dan memilih barang yang ingin dibeli dalam waktu yang singkat. Dunia bisnis online banyak memberikan kemudahan untuk para konsumen maupun untuk para pengusaha. Media sosial sangatlah diminati diberbagai bidang salah satunya dalam komunikasi pemasaran. Media sosial merupakan sebuah media online dengan para pengguna yang bisa dengan mudah ikut berpartisipasi dalam menciptakan sesuatu contohnya blog, web dan jejaring sosial. Contoh media sosial yang berkembang  saat ini  diantaranya yaitu, Instagram, Twitter , Facebook, dan Youtube.

Komunikasi sangatlah diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, salah satu contoh dalam sektor ekonomi yaitu bisnis. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dan perubahan dalam bidang ekonomi, pengusaha sangat membutuhkan strategi dalam konsep komunikasi yang tepat untuk menjaga keberlangsungan dalam mencapai tujuan yang diinginkan serta berusaha untuk mendapatkan konsumen. Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang meliputi berbagai macam bentuk dari komunikasi baik itu secara verbal maupun nonverbal. Maka dari itu dengan melakukan komunikasi bisnis, setiap orang akan mendapatkan keuntungannya sendiri. Perkembangan teknologi komunikasi serta informasi akan semakin maju dan membuat laju informasi tidak dapat terbendung. Dengan menggunakan media komunikasi yang beragam maka akses dalam informasi akan lebih mudah, pengusaha juga akan lebih mudah dalam melakukan komunikasi bersama pelanggan atau dengan pihak yang terlibat dalam bisnis yang di jalankan.

Media Sosial

Media sosial merupakan media berbasis online yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara pengguna data dengan yang lain dan mendapatkan  informasi menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya media sosial sendiri digunakan untuk sarana komunikasi serta menghubungkan pengguna satu dan yang lain dengan jarak wilayah yang luas. Pengguna media sosial akan lebih mudah untuk melakukan akses ketika koneksi internetnya stabil serta cepat. Tidak lagi diperlukan penghubung seperti kabel telepon atau alat komunikasi tradisional karena akan mempersulit untuk melakukan komunikasi. Cara mengakses media sosial pun sangatlah mudah, anda hanya perlu menghubungkan ke  banyak orang, lalu membuat forum diskusi ataupun yang lainnya.

Dampak positif dari media sosial :

·       Memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar dikarenakan dengan adanya media sosial, akan memudahkan dalam sarana berdiskusi serta mencari informasi.

· Mencari serta menambah relasi pertemanan.

· Menghilangkan rasa lelah ketika belajar dan mengurangi stress

Dampak negatif dari media sosial :

· Mengganggu konsentrasi belajar karena telalu asik menggunakan media sosial

· Waktu belajar berkurang

· Dapat merusak moral belajar para siswa

Komunikasi Bisnis

Kata komunikasi bisnis terdiri dari dua suku kata yaitu komunikasi dan bisnis, di mana komunikasi di sini merupakan aktivitas dasar setiap orang. Dengan berkomunikasi manusia dapat saling terhubung satu dengan yang lain, baik dalam kehidupan sehari-hari, berumah tangga, tempat kerja, dalam masyarakat atau dengan manusia yang ada di bumi. Untuk pengertian bisnis sendiri menurut Lawrence D.Brennan merupakan struktur yang dinamis dari sebuah pertukaran gagasan, perasaan, dan usaha bersama untuk mendapatkan keuntungan. Dalam suatu bisnis akan berlangsung dua orang atau lebih dalam berinteraksi serta berkomunikasi. Pada dasarnya ada 2 bentuk dasar dalam komunikasi bisnis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

Komunikasi verbal adalah salah satu bentuk dalam komunikasi untuk menyampaikan setiap pesan bisnis untuk orang lain baik secara tertulis ataupun lisan. Di dalam dunia bisnis ada beberapa contoh komunikasi verbal yakni penyampaian pesan melalui surat, memo, rapat pimpinan, briefing kepada karyawan , wawancara kerja, dan presentasi. Sedangkan dalam komunikasi nonverbal berdasarkan teori antropologi manusia, menggunakan komunikasi nonverbal dalam gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh sebagai alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain, salah satu contoh yaitu sikap seseorang.

Pengaruh Media Sosial dan Komunikasi Bisnis dalam Bisnis Online

Sosial media berkembang cepat dengan diiringi komunikasi bisnis sehingga dalam waktu singkat hal ini menjadi aspek penting untuk pemasaran digital, serta memberikan keuntungan dan kemudahan yang digunakan untuk membantu pebisnis online, terutama pebisnis wanita yang ingin menjangkau jutaan pelanggan yang ada di seluruh dunia. Sangat disayangkan jika para pebisnis tidak menerapkan komunikasi bisnis dalam menyebarkan produk, karena jika menggunakan media sosial, bisnis akan cepat tersebar ke seluruh dunia. Sebagai salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat,  media sosial memegang peran yang signifikan dalam kehidupan masyarakat modern.

Dampak media sosial dan komunikasi bisnis dalam bisnis online :

· Sosial Media dan Komunikasi Bisnis Meningkatkan kesadaran mereka

· Sosial Media berbasis Komunikasi Bisnis membantu untuk menjalani komunikasi yang  mudah dengan para pelanggan

· Sosial Media lebih menghemat biaya

Dapat disimpulkan bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang kuat dalam perkembangan bisnis online. Strategi yang dilakukan dengan menggunakan konsep komunikasi bisnis dalam berbisnis online akan menguntungkan, dikarenakan zaman sekarang sudah menggunakan teknologi canggih. Dengan menggunakan media sosial yang berbasis komunikasi bisnis, dapat memiliki target yang jelas sehingga akan mudah mengarahkan kemana produk akan dipasarkan, jadi akan lebih fokus terhadap kebutuhan para customer. Media sosial  digunakan untuk melakukan proses interaksi dalam berkomunikasi menyampaikan informasi, tanpa ada batas ruang dan waktu yang dapat  dilakukan oleh setiap orang. Jenis dari media sosial berbasis komunikasi bisnis ini diantaranya yaitu, Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Youtube, dan Linkedin.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait