Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Momen Deklarasi 5 Pilar STBM, Sekda Ajak Sukseskan Program Vaksinasi

Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM).

Dompu, Bimakini. – Momentum deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM) untuk Desa Karombo, Desa Kadindi, Desa Kadindi Barat, Desa Beringin Jaya, Desa Sorinomo, Desa Calabai dan Desa Nangamiro, di Kantor Kecamatan Pekat, kemarin.

Sekda Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM.MMKes., mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Pekat untuk berpartisipasi dalam mensukseskan program vaksinasi COVID-19 dengan cara ikut disuntik vaksin.

Sebab, katanya program vaksinasi COVID-19 tersebut dapat memberikan manfaat untuk kekebalan dan melindungi diri dan keluarga dari ancaman virus Corona. Vaksinasi sebagai upaya mewujudkan herd imunity hingga mencapai 70 persen dari jumlah penduduk.

“Walau saat ini trend kasus positif COVID-19 terlihat menurun, kita harus ikut mensukseskan program vaksinasi dan tetap taat menerapkan protokol kesehatan. Terutama, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Segera melakukan vaksin yang bagi yang belum disuntik vaksin,” ingatnya dihadapan ratusan warga.

Soal penyelenggaraan pencanangan STBM tersebut, Sekda Dompu menyampaikan, bahwa tujuanya untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Katanya, program STBM merupakan program yang memberikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu, dia mengajak kepada kita semua agar tidak ada lagi yang tidak berperilaku hidup sehat dan bersih.

Stop buang air sembarang tempat (Stop BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga (PAMM-RT), pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

“Penerapan 5 Pilar STBM dimasa pandemi COVID-19 perlu lebih ditingkatkan dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, terutama pilar kedua, cuci tangan pakai sabun, yang merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” terangnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menerima audiensi tim Joint Monitoring Programme (JMP) UNICEF, di ruang kerja Gubernur, Selasa (3/12/2019). Dalam kesempatan tersebut...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Y consultant Belanda bekerjasama dengan pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Dompu gelar Workshop akhir Integrated Total Sanitation Project For East...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.- Sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Dompu mengharapkan pemerintah terus memerhatikan masalah perpipaan dan sanitasi lingkungan. Mereka  juga mendesak wilayah yang belum dialiri pipa...