Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemkot Bima Gelar Apel Siaga Bencana

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE saat memeriksa pasukan apel Siaga Bencana di halaman Pemkot Bima, Senin.

Kota Bima, Bimakini.- Menghadapi musim hujan awal Desember 2021 hingga Februari 2022, Pemerintah Kota Bima melakukan apel siaga bencana, Senin (29/11/2021). Ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan bencana terjadi.

Apel kesiapsiagaan bencana diikuti oleh unsur TNI, Polri, BPBD, Tim Reaksi Cepat, Orari, TSBK, Pol PP, Pemadam Kebakaran, dan unsur lainnya.

Kata Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE  masa pancaroba November ini sudah terjadi beberapa kali banjir. Durasi hujan pun antara satu dan dua jam dengan intensitas sedang dan tinggi sudah memberikan dampak banjir.

Hujan yang terjadi Minggu 28 November 2021 saja, menyebabkan 16 kelurahan terdampak. Itupun hujan intensitas tinggi terjadi di wilayah utara Kota Bima. Belum lagi jika hujan terjadi merata, ditambah lagi kiriman dari wilayah Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

Ditegaskan Wali Kota Bima, perlu ada kesiapsigaan mulai saat ini. Karena beruntung banjir terjadi disiang hari, sehingga memungkinkan warga cepat mengantisipasi. Karena bila terjadi malam hari, maka dapat dipastikan dampaknya lebih besar.

“Banjir yang terjadi hari Minggu kemarin, karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah Wera besar, sehingga terdampak di Kota Bima. Belum lagi jika di wilalah Kota Bima merata dan ditambah lagi hujan di Kecamatan Wawo, maka dampaknya akan lebih besar,” ungkapnya, Senin (29/11/2021).

Banjir juga disebabkan parahnya kondisi pegunungan dan hutan yang sudah tidak memiliki pohon. Kawasan hutan juga dirambah petani untuk menanam jagung. Hal ini tidak bisa dibiarkan, maka perlu tindakan tegas. Salah satunya dengan mencabut SPPT yang terbukti masih kawasan hutan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, Hj Jainab mengatakan, adanya peringatan cuaca yang dirilis oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) dan BMKG mengharuskan untuk lebih siapa menghadapi bencana. Untuk itu, apel kesiapsiagaan bencana diadakan, agar lintas sektor dapat berkoordinasi dengan baik. (BE04)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima menyerahkan bantuan mobil sampah sebagai bagian dari upaya peningkatan pengelolaan sampah di Kota Bima, Kamis (15/2/2024). Dua kendaraan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) untuk mengantisipasi potensi luapan banjir di DAS Padolo, Senin 12...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, M.T, mengajak seluruh ASN untuk menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima menerima Penghargaan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik terhadap Pemerintah Kota Bima Tahun 2023 oleh Ombudsman Republik Indonesia...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam...