Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMAN 3 Kota Bima Peringati Hari Pahlawan

Siswa SMAN 3 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Pahlawan, SMAN 3 Kota Bima menggelar Upacara Bendera, Rabu (10/10/2021) di halaman sekolah setempat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika SMAN 3 Kota Bima.

Memeringati hari pahlawan adalah salah satu cara untuk menghargai jasa para pahlwan yang telah “Menghadiahi” Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, sehingga hari ini kita dapat hidup dalam keadaan bebas dari penjajahan dan bisa mengisi kemerdekaan sesuai jenjang dan lini kehidupan masing-masing.

Demikian disampaikan Kepala SMA Negeri 3 Kota Bima, Jon Hermansyah, S.Pd, M.Pd  dihadapan seluruh peserta upacara. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan terutama semangatnya dalam meraih kemerdekaan. Hal tersebut dapat diterapkan oleh para siswa dalam menggapai cita-cita demi masa depan mereka kelak. “Selanjutnya adalah mengajarkan arti keberanian,” katanya.

Pahlawan yang gugur adalah para pemberani yang patut kita contoh semangatnya dalam menghadapi tantangan di zaman milenial seperti sekarang ini.

Dalam kesempatan itu, juga disampaikan beberapa pesan perjuangan dari para Pahlawan Nasional.  Jenderal Besar Raden Soedirman (EYD: Sudirman; lahir 24 Januari 1916 – meninggal 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia secara luas terus dihormati di Indonesia. Terlahir dari pasangan rakyat biasa di Purbalingga, Hindia Belanda, Soedirman diadopsi oleh pamannya yang seorang priyayi.

Pesan Perjuangan dari jenderal Sudirman yaitu “ Tempat saya yang terbaik adalah ditengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan. Met of zonder Pemerintah TNI akan berjuang terus”. Jenderal Sudirman dalam keadaan sakit, ketika menjawab pernyataan Presiden yang menasihatinya,  supaya tetap tinggal dikota untuk di rawat sakitnya.

Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. ARN

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Penggalangan dana bantuan bagi korban kebakaran di desa Naru Kecamatan Sape Kabupaten Bima terus dilakukan oleh berbagai pihak. SMAN 3 Kota Bima...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 3 Kota Bima, Selasa pagi (12/10/2021) melantik Pengurus baru untuk periode tahun ajaran  2021-2022. Pelantikan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMA Negeri 3 Kota Bima menggelar kegiatan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Rabu pagi (29/9/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium komputer...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMAN 3 Kota Bima terus dilakukan. Kali ini sebanyak 6 siswa SMAN 3 Kota Bima ikut...