Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Sweeping Malam di Rutan Bima, Tahanan hingga Pegawai Ketar-Ketir

Pemeriksaan di Rutan Raba Bima, Selasa malam.

Kota Bima, Bimakini.-Menindaklajuti kesepakatan agar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) bebas dari peredaran Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba, tim dari Kanwil Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia NTB, melakukan sweeping di Rutan Raba-Bima, Selasa (09/11) malam.

Sweeping dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB, Maliki, SH, MH dan juga didampingi TNI-Polri serta dari BNNK Bima. Tak pelak suasana malam di Lapas seketika berubah karena dilakukan secara mendadak di malam hari.

Selain menggeledah seluruh isi ruangan yang ada dalam ruangan serta ke warga binaan sendiri, tim juga melakukan tes urine secara acak kepada para warga binaan, pegawai Rutan Bima, mulai dari Kalapas serta pegawainya.

“Selain dari Kepala Rutan Bima, saya sendiri juga ikut tes urine. Ini untuk membuktikan kepada warga binaan dan lainnya agar semuanya juga harus bebar dari Narkoba,” ujar Maliki kepada media ini, Selasa malam.

Pantauan media ini, sweeping di mulai sekitar pukul 20.00 Wita hingga selesai. Tim kemudian di bagi secara acak untuk menggeledah satu persatu ruangan yang ada di Lapas Bima.

Sebelum pengggeledahan, tim terlebih dahulu memeriksa satu persatu-satu para warga binaan kemudian dikeluarkan dari ruangan hingga dilakukan penggeledahan.

Dari hasil sweeping, hanya ditemukan benda tajam seperti paku dan gunting, kartu remi, sabuk, serta sejumlah obat pil sejumlah penyakit warga binaan.

“Untuk yang lainnya sementara tidak kami temukan Handphone, Pungli dan Narkoba. Sementata hasil tes urine, semuanya Alhamdulillah bebas dari Narkoba. Negatif!,” tegas Maliki.

Sweeping ini dibeberkan Maliki, dilakukan secara acak seluruh NTB dan Lapas dan Rutan Bima lah yang menjadi lokasi pertama yang di sweeping.

Sementara itu Kepala Rutan Raba Bima, M Saleh SH mengaku razia seperti ini tetap di rutin dilakukan pihaknya. Terlebih katanya pasca-penandatangan MoU Zero Halinar beberapa pekan lalu yang melihatkan para warga binaan.

Jika pun ditemukan adanya Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba, tentunya mendapatkan sanksi yang tegas dari pihaknya. IKR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Kantor Imigrasi Kelas III TPI Bima dan Rutan Kelas II Raba-Bima, Senin (22/2) Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 dan Penandatanganan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Peredaran Narkoba rupanya juga terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima. Kamis (10/8/2017) seorang perempuan berinisial ED (34) diamankan, karena diduga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima hingga kini dinilai tidak kooperatif menjelaskan siapa yang pertama menemukan Narkotika jenis sabu sebanyak 20 poket...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Untuk mengakomodir hak suara  narapidana dan pasien, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Rumah...