Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas Kades, Kepala DPMPD Dompu Fokus Pembinaan

Kepala DPMPD Kabupaten Dompu, H. Moh. Syaiun, SH. M.Si

Dompu, Bimakini. – Untuk meningkatkan kualitas Kepala Desa (Kades) dalam pengelolaan ADD/DD, serta agar menjalankan roda pemerintahan sesuai aturan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu saat ini fokus melakukan pembinaan.

Kepala DPMPD Kabupaten Dompu, H. Moh. Syaiun, SH. M.Si., Senin (29/11/2021) menyatakan, sebelumnya dia telah melakukan identifikasi awal terhadap persoalan-persoalan yang muncul di Desa belakangan ini.

Diantaranya, soal pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa, masalah pengelola Dana Desa, dan soal Standar Operasional Prosedur (SOP) pencairan Dana Desa.

“Disini ada tenaga ahli, ada pendamping Kecamatan, dan ada Pendamping Desa. Mestinya tidak ada masalah di Desa, tetapi justru ada masalah. Artinya harus ada yang kita benahi tanpa mediskreditkan siapapun,” terangnya.

Dari aspek kompetensi, diakuinya Kepala Desa memang memiliki kompetensi yang bervariasi sesuai pengalaman dan pendidikan mereka masing-masing. Tentunya, dalam menterjemahkan dan menerapkan aturan saat menjalankan roda pemerintahan pasti berbeda-beda.

“Perlu melakukan pembinaan yang intens agar semuanya paham. Lewat pembinaan itu, Kades diharapkan dapat mengelola ADD/DD dan menjalankan roda pemerintahan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Dikatakanya, setelah DPMPD turun melakukan pembinaan itu. Dia mengaku mendaptkan nilai positif dari kegiatan tersebut. Dimana, mereka menyampaikan aturan dan regulasi tentang Desa, dan Kepala Desa merespon baik. Akhirnya, pembinaan ini terus dan intes dilakukan.

“Langkah ini bagian dari evaluasi dan kontrol dari kami, sehingga Kepala Desa ini memiliki kepercayaan diri yang kuat dalam mengelola anggaran yang diberikan negara ini dengan menaati atauran yang ada. Kepala Desa di 6 Kecamatan sudah dilakukan pembinaan, tinggal Kecamatan Kempo dan Pekat,” urainya. AZW

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Uni Eropa bekerjasama dengan YAPPIKA-ActionAid (YAA) mendukung tata kelola dan akuntabilitas pendidikan dasar di Indonesia, termasuk  Kabupaten Bima.  Program ini melalui keterlibatan...