Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Upah Buruh Tani Desa Maria Sama, Kaum Hawa Senang

Acara Kapanca Sunatan di Desa Maria.

Bima, Bimakini.- Kaum perempuan di Desa Maria Kecamatan Wawo boleh tersenyum, karena mulai tahun ini penerapan upah tenaga kerja di bidang pertanian di ladang maupun di sawah disamakan dengan kaum laki-laki dengan durasi waktu sekitar 10 jam, mulai pukul 07.30 Wita hingga Pukul 16.30 Wita.

Kepala Desa Maria, Imran Ibrahim, mengatakan, pada musim tanam tahun ini, upah tenaga kerja di bidang pertanian hasil keputusan bersama Kepala Desa Maria dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setelah rapat bersama dengan seluruh elemen masyarakat September 2021. Nilai upah buruh tani sekitar Rp70 ribu hingga Rp80 ribu. Tentu keputusan ini berbeda dengan penetapan pada beberapa tahun sebelumnya yang selalu berbeda upah buruh perempuan dan pria.

“Namun, tahun ini disamakan karena hasil evaluasi jumlah durasi waktu jam kerja juga sama,” ujarnya di Desa Maria, Jumat (19/11).
Rinciannya, terang Imran, upah Rp70 ribu diberi makan oleh yang memiliki pekerjaan, sedangkan Rp80 ribu membawa makanan sendiri. Meski tetap ada yang memberikan sneck dan rokok. Namun, untuk yang bekerja di desa lain upahnya jelas disesuaikan dengan hasil keputusan desa yang bersangkutan.

Warga Desa Maria, Nurjanah, mengaku senang dengan keputusan itu karena tahun ini mulai diterapkan nilai upah yang sama antara kaum wanita dengan kaum laki-laki. Soalnya, selama ini terasa kurang adil karena kaum pria banyak santainya dan masih bisa menghisap rokok, sedangkan kaum wanita berjuang keras untuk cepat menyelesaikan pekerjaan agar cepat pulang.

“Kita bersyukur nilai upah tahun ini disamakan. Namun, masih banyak yang memilih makan di tempat kerja dibandingkan membawa makanan sendiri. Soalnya perbedaan hanya sepuluh ribu,” kata Nurjanah yang diamini Nujum di Desa Maria, Sabtu (20/11). (Nas)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Ndano, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima mengudang pengurus BPD, P3A dan semua Kelompok Tani (Poktan) untuk membahas upah buruh tani...