Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Data Pemilih di Kabupaten Bima Saat Ini 367.939 Orang

Rakor DPB KPU Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar rapat koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Desember 2021, Selasa (28/12/2021). Berdasarkan DPB Desember, jumlah pemilih sebanyak 367.939 Orang.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran, SPdI, SH, menyampaikan pemutakhiran data pemilih dilakukan setiap bulannya. Pemutakhiran tidak  hanya dilakukan oleh KPU, namun juga dengan Dinas Dukcapil, Parpol dan stakeholder lainnya. Dinas Dukcapil pun bergantung pada proses laporan dari bawah, yakni Pemerintah Desa.

Misalnya, kata Imran, jumlah pemilih yang meninggal. Karena sifatnya administrasi, maka harus ada laporan dari desa ke Dinas Dukcapil, sehingga dihapus. Jika tidak, maka tetap akan masuk dalam data pemilih.

Jumlah DPB sebelumnya, 367.255, sekarang 367.939. Pemilih pindah masuk 465, pindah keluar 82, meninggal 46. Data yang berusia 17 tahun dan pensiunan belum terinput. Demikian  juga beberapa data lainnya.

Selain itu, Kata Ketua Devisi Data KPU Kabupaten Bima, Yuddin Candra Nanarif  menjelaskan, ada beberapa perubahan dalam isian. Misalnya, pemilih pemula tidak lagi mereka hanya baru menginjak usia 17 tahun, namun juga pensiunan TNI/Polri, karena mereka baru menggunakan hak pilihnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Anggota Baswaslu Kabupaten Bima, Junaidin, SPd mengingatkan agar penyelenggara dapat mengoptimalkan pemutakhiran data pemilih. Jika dilihat dari data yang disodorkan, mestinya ada perkembangan data pemilih pemula. “Saya yakin setiap hari ada yang berusia 17 tahun, demikian juga pensiunan TNI dan Polri,  pasti ada setiap tahunnya,” ujarnya.

Sedangkan Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Muhammad Ahyar, SP, MSi menyampaikan  data pendusuk Kabupaten Bima saat ini. Jumlah Penduduk 559.101, Wajib KTP 403.390, perekaman 368.310 atau 91,30 persen. Belum rekam 35.080  atau 8,70 persen. Usia 0-17 155.711  atau 27,85  persen.

Akhyar menyampaikan, pihaknya sudah mengirimkan data terbaru ke 191 desa di Kabupaten Bima untuk dimutakhirkan. Namun hingga saat  ini baru satu desa yang mengembalikannya. (BE04)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Sebanyak 573 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bima dikukuhkan, Selasa 24 Januari 2023, di GOR Panda. Nantinya PPS juga akan...

Politik

Bima, Bimakini.- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima melantik dan mengambil sumpah 90 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bima di Ball Room...

Politik

Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyambut baik pencabutan Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden RI. Dengan pencabutan PPKM, dipastikan sosialisasi...

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima melaksanakan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten Bima pada Pemilu...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilu 2024 saat ini hamper semua mulai menggunakan aplikasi digital untuk menunjang dan memudahkan tugas penyelenggara. Salah satunya dalam proses perekrutan...