Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

KPPN Bima Serahkan DIPA Petikan 2022 pada Satker Wilayah Dompu

Kepala KPPN Bima, Bupati Kabupaten Dompu dan penerima penghargaan

Dompu, Bimakini. – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Raba Bima menyerahkan DIPA Petikan Tahun Anggaran (TA) 2022 kepada Satuan Kerja (Satker) Wilayah Kabupaten Dompu, Senin (13/12/2021).

Pada kesempatan tersebut, KPPN Bima juga memberikan penghargaan kepada satuan kerja mitra yang telah memberikan kinerja terbaik. Memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Dompu atas kinerja terbaik dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Selain itu, mereka juga melakukan penandatanganan pakta integritas sebagai komitmen integritas bersama yang ditandatangani Kepala KPPN Bima dan Kepala Kejaksaan Negeri Dompu, disaksikan Bupati Kabupaten Dompu.

Kepala KPPN Bima, Doddy Handaryadi., menyampaikan pesan-pesan terkait DIPA TA 2022. Katanya, rancangan Undang-Undang APBN tahun 2022 telah resmi diundangkan menjadi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2021 tentang APBN Tahun Anggaran 2022 pada tanggal 27 Oktober 2021.

Jika perpijak pada RKP serta kesepakatan Pemerintah dan DPR RI dalam pembicaraan pendahuluan RAPBN tahun 2022. Maka tema kebijakan fiskal dan APBN tahun 2022 adalah “Melanjutkan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Oleh karena itu, lanjutnya. Pokok-pokok kebijakan fiskal tahun anggaran 2022 adalah pemantapan pemulihan ekonomi dengan tetap memprioritaskan penanganan sektor kesehatan sebagai kunci pemulihan ekonomi.

Program perlindungan sosial yang memperkuat fondasi kesejahteraan sosial, mengentaskan kemiskinan dan kerentanan, termasuk memperkuat daya ungkit UMKM dan dunia usaha agar mampu bangkit kembali lebih kuat dan berdaya tahan.

Selain itu, mendukung peningkatan daya saing dan produktivitas dengan implementasi reformasi struktural dan reformasi fiskal. Serta optimalisasi pendapatan dan penguatan spending better, baik di Pemerintah Pusat maupun di Pemerintah Daerah, serta inovasi pembiayaan dalam rangka konsolidasi fiskal yang adil dan berkelanjutan.

Disampaikannya, terkait Alokasi Belanja Pemerintah Pusat dan TKDD Tahun 2022 yang akan disalurkan kepada instansi vertikal Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah lingkup Kabupaten Dompu yaitu sebesar Rp.1,11 Triliun, meliputi Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp.165,2 Miliar dan Dana TKDD Kabupaten Dompu sebesar Rp.946,4 Miliar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dalam pelaksanaan anggaran Tahun 2022, kami menghimbau agar para Satuan Kerja meneliti kembali DIPA Petikan yang diterima, meriviu kembali ketepatan rencana pencairan dana (RPD) serta meningkatkan upaya monitoring dan evaluasi pelaksanaan belanja satuan kerjanya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Dompu Kabupaten Dompu, Kader Jaelani (AKJ) menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada KPPN Wilayah Bima atas Penyerahan DIPA bagi Satuan Kerja Vertikal yang berada diwilayah Kabupaten Dompu.

Dia berharap, hal tersebut merupakan pondasi awal bagi pelaksana anggaran oleh Satuan Kerja Vertikal di tahun 2022. Semoga pelaksaan anggaran oleh satuan kerja vertikal ditahun anggaran 2022 dapat berjalan sesuai koridor dan akuntabel sebagaimana yang telah diamanatkan dalm peraturan perundang-undang yang berlaku.

Katanya, sinergitas yang telah tercipta antara KPPN Wilayah Bima dan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dalam hal pelaksanaan penyaluran dana alokasi khusus fisik dan dana Desa bisa terus terjalin dengan baik setiap tahunnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Upaya kerjasama yang baik telah direspon oleh Pemerintah Kabupaten Dompu dengan kerja nyata. Sehingga bisa mendapatkan Prestasi Atas Penyaluran Dak Fisik dan Dana Desa Terbaik dalam wilayah kerja KPPN wilayah Bima,” terangnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima menggelar “Sosialisasi PMK 62 Tahun 2023, Sosialisasi Implementasi SAKTI, Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran, dan Laporan Keuangan...

Opini

Oleh : Ratna Susilawati, S.Akun (Kepala Subbagian Umum KPPN Bima) “Kerja dimana? KPPN Bima” “KPPN? Dimana itu? Koperasi ya?” “Bukan, Kas Negara dulunya bu…”...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima, memberikan apresiasi kepada sejumlah satuan kerja (Satker). Pemberian apresiasi itu berupa penghargaan untuk sejumlah kategori....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Satu Kerja Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan negara (KPP) Bima, Kamis 8 Desember 2022 menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota, Kamis 8 Desember 2022 menerima dua kategori penghargaan dari KPPN Bima. Penghargaan diterima oleh Kasi Keuangan Polres Bima...