Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

PT Sumbawa Timur Mining Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal yang Berkompeten

Corporate Communications, PT Sumbawa Timur Mining (STM) Agus Hermawan., (baju putih) saat bincang-bincang dengan wartawan Dompu, Jum’at (17/12/2021)

Dompu, Bimakini. – PT Sumbawa Timur Mining (STM) pemegang izin pertambangan di Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u tetap memprioritaskan tenaga kerja lokal yang berkompeten sebagai tenaga kerja.

Hal itu disampaikan Corporate Communications, PT Sumbawa Timur Mining (STM) Agus Hermawan., saat bincang ringan dengan sejumlah wartawan Kabupaten Dompu, Jum’at siang.

Katanya, hingga bulan November 2021. Ada 852 tenaga kerja dari berbagai bidang yang direkrut. Jika dilihat dari perkembangannya sejak mulai beroperasi setelah pandemi COVID-19, jumlah tersebut cukup siginifikan dan banyak.

“Sekarang sudah 852 orang tenaga kerja yang direkrut. Persentasenya 60 persen tenaga kerja lokal, mereka bekerja di bidang eksplorasi mineral dan dibidang eksplorasi geomineral, serta diberbagai bidang strategis lainnya. Sementara 40 persen itu non lokal dari berbagai daerah diluar Dompu,” jelasnya.

Dia menyebutkan, selain menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal. Kehadiran PT Sumbawa Timur Mining juga telah menciptakan kesempatan bisnis bagi perusahaan lokal. Saat ini, banyak kontraktor lokal yang membangun kerjasama dengan PT Sumbawa Timur Mining.

“Ada 165 kontrak kerjasama yang dikeluarkan PT Sumbawa Timur Mining selama tahun 2021 untuk perusahaan lokal dengan anggaran sekitar Rp 40,7  Miliar,” jelasnya.

Diakuinya, saat ini banyak generasi Kabupaten Dompu yang telah mengakhiri pendidikan dibidang pertambangan dan ingin kembali mengabdikan dirinya untuk Dompu. Bahkan dirinya mendapatkan informasi, bahwa pemerintah Provinsi NTB telah menyediakan beasiswa khsusus bidang-bidang tehnik pertambangan.

“Beberapa tahun kedepan, kita dapat melihat masyarakat Dompu akan bekerja khusus dibidang-bidang pertambangan dengan posisi-posisi yang strategis,” urainya.

Untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Dompu, PT Sumbawa Timur Mining (STM) tahun 2021 ini telah menyediakan 10 orang beasiswa untuk jurusan-jurusan teknis terkait pertambangan.

“Jika ini berhasil, kedepannya kita tingkatkan lagi jumlahnya,” cetusnya.

Dia mengingatkan agar generasi muda Kabupaten Dompu mulai sekarang harus menyiapkan diri untuk meningkatkan kualitas diri, pendidikan dan keterampilan dibidang pertambangan.

Saat ini, katanya PT Sumbawa Timur Mining terus berdialog dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, terutama Bupati dan instansi terkait agar mendorong generasi muda terus meningkatkan kualitas diri.

“Sepertinya, Pemerintah Daerah mulai merealisasikan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK). Dari pemerintah Provinsi NTB, saya dengar bahwa BLK Dompu nantinya akan fokus pada pertambangan. Peningkatan pendidikan dan keterampilan ini penting,” jelasnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Dompu, Bimakini, – PT Sumbawa Timur Mining (STM) memberikan beasiswa pendidikan kepada 100 orang warga Kabupaten Dompu yang akan mengikuti kuliah Diplomasi 1 (D1)...

Berita

Dompu, Bimakini, – Gelaran turnamen bola voli PT. STM Cup II tahun 2023 kembali diselenggarakan oleh PT. Sumbawa Timur Mining (PT. STM) di Desa...

Pendidikan

Dompu, Bimakini, – PT Sumbawa Timur Mining (STM), perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd dan PT Antam Tbk., bersama Pemerintah Provinsi Nusa...

Berita

  Dompu, Bimakini, – PT Sumbawa Timur Mining (STM) pemilik Kontrak Karya generasi ke-7 Proyek Hu’u Kecamatan Dompu Nusa Tenggara Barat menunjukkan komitmennya dalam...

Berita

Dompu, Bimakini, – PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemegang Kontrak Karya Proyek Hu’u di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia turut merayakan Hari...