Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Sembalun KOM 2021 Siap Digelar

H. Andy Hadianto bersama panitia Sembalun KOM 2021.

Mataram, Bimakini.- Sebanyak 100 pesepeda dari berbagai daerah di tanah air dipastikan meramaikan Sembalun King of Mountain (KOM) East Lombok Road Bike Challenge 2021 di Sembalun, Lombok Timur, Minggu (19/12/2021). Mereka akan berkompetisi untuk menuntaskan tanjakan jalan raya dari ketinggian 0 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut.

Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto, selaku penggiat dan pembina olahraga prestasi dan rekreasi dan sebagai penggagas Sembalun KOM menyebutkan bahwa para peserta event ini datang dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sumbawa dan Lombok sendiri.

“Beberapa atlet nasional dan daerah akan bersaing memperebutkan gelar juara King dan Queen of Mountain,” jelasnya saat jumpa pers di Kantor Sekretariat KONI NTB, Kamis (16/12/2021).

Dijelaskan bahwa rute Sembalun KOM berupa jalan raya sejauh 24,7 Kilometer, dengan gain elevasi 1.234 meter. Sementara start akan dimulai dari Pantai Aik Seran, Desa Obel Obel, Kecamatan Sambelia dan finish di alun-alun Kaldera Sembalun, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun.

Dalam perlombaan nanti, peserta akan melakukan flying start dengan formasi peloton dan akan disuguhi oleh pemandangan laut yang indah dari Pantai Aik Seran, lambaian pohon kelapa serta persawahan dengan total jarak 8,4 Kilometer. Sementara segmen King of Mountain akan dimulai di pertigaan jalan nasional Kokok Putek, melewati perkebunan di kawasan Desa Bilok Petung penghasil utama kacang mete dan kelapa, dilanjutkan memasuki kawasan Desa Sajang dengan panorama pedesaan dan perkebunan warga penghasil kakao, kopi, vanila dan buah-buahan, dengan jarak 15 Kilometer.

Segmen KOM akan berakhir setelah memasuki Desa Sembalun dengan panorama Gunung Rinjani yang menjulang tinggi di sekeliling desa. Setelah berhasil menuntaskan seluruh tanjakan, peserta dapat melakukan cooling down menyusur pelan sejauh 1,3 Kilometer memasuki kawasan lantai Kaldera Purba Sembalun hingga garis finish di alun-alun Sembalun, untuk menerima kalungan medali dan merayakan keberhasilan menuntaskan tantangan menanjak di Sembalun KOM East Lombok Road Bike Challenge 2021.

Sebagai penggagas event, Andy Hadianto menyebutkan bahwa Sembalun KOM ini diselenggarakan oleh Sembalun Foundation, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dengan dukungan dari PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

“Sembalun KOM melibatkan seluruh pihak, mulai dari OPD terkait di Pemkab Lombok Timur, kemudian KONI, ISSI, BPPD, Pemerintah Kecamatan Sambelia dan Sembalun, termasuk lima desa yang dilalui yaitu Desa Obel Obel, Madayin, Bilok Petung, Sajang dan Sembalun. Bahkan panitianya sebagian besar dari unsur pemuda dan pelaku wisata di Kecamatan Sambelia dan Sembalun. Mereka didampingi tim teknis pengawas dan penilai perlombaan yang dikepalai oleh komiser bersertifikat,” jelas Andy Hadianto.

Sementara itu, Head of Corporate Communications PT. AMNT, Kartika Octaviana, menyatakan bahwa menciptakan warisan terbaik adalah visi yang selalu AMMAN pegang dalam setiap tindakan.

“Di tengah pandemi ini kami melihat bahwa olahraga merupakan salah satu aspek yang dapat membangkitkan semangat kita semua. Oleh karena itu, kami berharap acara ini dapat mendukung perkembangan olahraga sepeda di masyarakat sekaligus mempromosikan keindahan pariwisata di wilayah Sembalun,” ungkap Kartika. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Mataram, Bimakini.- Muhamad Johan Saputra, pesepakbola muda asal NTB dipanggil masuk Timnas U20 besutan Indra Sjafri. Pemain binaan SSB Redwood Lombok Barat itu saat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Tingginya angka penggunaan barang haram jenis Narkoba di Bima dan sekitarnya dari tahun ke tahun, membuat sejumlah elemen masyarakat prihatin, salah satunya dari...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kantor Kejaksaan Negeri Raba Bima menyelidiki kasus dugaan korupsi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp. 13 miliar pada tahun 2021 dan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah  Kota Bima merencanakan untuk melakukan mutasi jabatan. Namun untuk melakukan mutasi harus mengantongi ijin baik Provinsi dan Pusat. Kabid Pengadaan...