Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Bupati Bima Apresiasi DKP Manfaatkan Pekarangan Kantor untuk Budidaya Tanaman Azolla

Bupati Bima saat melihat pemanfaatan lahan kantor DKP.

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE launching budidaya tanaman Azolla dan launching gerai (outlet)  Toko Tani Indonesia (TTI) atau Toko Mitra Tani ( TMT) yang dibangun  Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bima, Senin (24/1/2022).

Bupati mengatakan, panen azolla yang dibudayakan di  halaman belakang kantor DKP merupakan inovasi yang dapat memberikan stimulan kepada masyarakat agar tidak hanya terpaku pada jenis yang selama ini biasa ditanam dan budidayakan di pekarangan masing-masing.

“Inovasi seperti inilah yang diharapkan untuk dapat terus ditumbuh kembangkan melalui beragam program yang ada di DKP. Upaya ini penting karena secara gerografis kita berada di wilayah tengah menuju timur  Indonesia yang memiliki keterbatasan sumber daya manusia dan menjadi tantangan utama. Tantangan dan keterbatasan ini yang harus memberikan motivasi kepada kita untuk memiliki inovasi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar secara maksimal,” ujarnya.

Bupatimengapresiasi inovasi DKP dalam penataan kantor dan berharap diikuti semua perangkat daerah  lain. Tidak hanya ditanami pepohonan dan  tumbuhan agar semakin hijau, tetapi juga beragam sayuran yang sehat dan memiliki nilai jual.

“Tidak hanya di lingkungan kantor, DKP juga melalui Kelompok Kerja (POKJA) TP. PKK dapat mendorong dan mengajarkan Ibu-ibu memanfaatkan pekarangan untuk melakukan budidaya sayuran dan tanaman buah agar dapat membantu ekonomi keluarga dan meningkatan gizi keluarga,” tutupnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Ir. H. Muhammad Natsir memaparkan kegiatan budidaya tanaman Azolla. “Pada tahun 2022, DKP untuk pertama kalinya mengadopsi konsep pertanian keluarga melalui budidaya Azolla Mikrophilla dan Talas.

“Azolla bermanfaat sebagai pupuk organik, pakan ternak dan ikan dengan tingkat pertumbuhan hingga 30 persen per hari. Sedangkan talas merupakan salah satu bahan pangan lokal yang perlu ditingkatkan produksinya sebagai bahan pangan pengganti nasi. Selain umbinya, daun talas juga bernilai ekonomis dan menjadi salah satu komoditi ekspor yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelas mantan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bima ini.

Pada pertemuan dengan Bupati tersebut, Natsir juga menjelaskan tata niaga komoditi pangan. Dalam tata niaga pangan saat ini,  DKP Kabupaten Bima mendorong pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) melalui kegiatan Toko Tani Indonesia (TTI) untuk menjaga harga wajar ditingkat produsen serta mempermudah aksebelitas pasokan harga ditingkat konsumen.

“Upaya ini dapat memberikan kontribusi dalam kelancaran distribusi pangan, pemasaran komoditas pangan ke masyarakat dengan harga yang terjangkau, ketersediaan pasokan dan kemudahan akses dalam mendapatkan pangan yang murah. Keberadaan TTI diharapkan mampu memperpendek mata rantai distribusi komoditas pangan yang dipasarkan sehingga harga dapat selalu dikendalikan lebih rendah daripada harga pasar pada umumnya,” jelas Natsir.

Disamping itu, perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat menuntut kemampuan menyesuaikan perkembangan tersebut dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Karena  itu DKP menyediakan sistem informasi perdagangan elektronik pangan pokok dan strategis berbasis Teknologi Informasi.  Sistem ini akan memudahkan transaksi antara kelompok tani dan TTI. Untuk itu, awal tahun 2022 inidibentuk TTI  yang berpusat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima,” pungkasnya. KAR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Hasil pertemuan Fasilitasi Distribusi Pangan dengan Badan Pangan Nasional beberapa waktu lalu, akhirnya terealisasi, khususnya upaya memperpendek rantai pasok kebutuhan. Jagung dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Belakangan ini seringkali terjadi fluktuasi harga bahan pangan yang berakibat ketidakpastian harga pangan, baik ditingkat produsen maupun konsumen yang bisa berakibat pada...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menyerahkan sebanyak 1,3 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada Camat Sape, Muhammad Akbar, SP,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pegawai Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupten Bima bersama Pemerintah Desa dan Babinsa bergotong royong membersihkan ruang kelas SDN Inpres Sambi Tangga, Desa...