Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Cegah Bencana Banjir, Tanam Buah-buahan di Wilayah Hulu

Kegiatan penghijauan dengan menanam buah-buahan di Wawo.

Bima, Bimakini.- Sejumlah komunitas di Kota Bima, kembali menggalakkan penghijauan. Kali ini menanam jenis pohon buah-buahan  di Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Mbojo Hijau Kembali (MHK) dan melibatkan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Bima, KSR PMI Stisip Mbojo Bima.

Dipilihnya wilayah Wawo, karena daerah ini ada pada ketinggian dan jika hujan deras, maka limpahan airnya ke wilayah Kota Bima dan dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Pohon yang ditanam pun jenis buah-buahan, bukan lagi pohon keras lainnya. Lahan yang ditanami  telah disetujui pemiliknya dan akan dijadikan percontohan kebun buah-buahan.

Husain La Odet dari Mbojo Hijau Kembali, mengatakan, mereka tetap akan melakukan penghijauan. Meskipun terjadang banyak tantangannya. Baik dari warga sendiri yang menggarap lahan tersebut, juga ternak yang dilepas liarkan. “Jangan Kapok Menanam”  menjadi moto mereka untuk terus berupaya mengurangi resiko bencana.

“Pokonya jangan pernah kapok menanam, kami akan terus melakukan kegiatan penghijauan,” ujarnya, Senin (10/1/2022).

Sementara itu, Ketua Harian FPRB Kota Bima, Anwar Arman, SE mengatakan,  dipilihnya jenis buah-buahan, seperti durian, rambutan, alpukat dan lainnya agar memberi manfaat jangka panjang. Selain nilai ekonomis, juga menghijauan kembali kawasan yang sudah kritis dan mengurang dampak banjir di Kota Bima.

“Ada 250 bibit durian yang ditanam, alpukat dan lainnya,” ujarnya.

Pemilik lahan H Dudi Fakhruddin, yang juga penasehat MHK menyiapkan lahannya untuk ditanami pohon buah-buahan. Diharapkan ini menjadi percontohan kedepannya, sehingga pemilik lahannya lainnya akan mengikuti.  Diperkirakan tiga tahun kedepan sudah bisa memetik hasilnya.  (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mencanangkan Pekan Penanaman dan Reboisasi hutan di Kota Bima. Pencanangan dilakukan di areal Perhutanan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan ke- LV (55) periode Juni-Agustus tahun 2021 di Kelurahan Penanae, Kecamatan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kawasan hutan penyangga air. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Young Healthy Care (YHC) juga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memajukan usaha peternakan sekaligus penghijauan, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, bersama Dandim 1608, Kapolres Bima-kota,   menanam pohon Lamtoro...